IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Standar Hitungan Harga Acuan MOPS Pertamina Terancam Sepi Peminat

Standar Hitungan Harga Acuan MOPS Pertamina Terancam Sepi Peminat

Written By Indopetro portal on Wednesday, 4 February 2015 | 14:02

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) harus membuat perhitungan sendiri untuk melakukan lelang fatty acid methyl ester ( FAME). Pasalnya, jika masih mengandalkan harga acuan MOPS Solar, tidak akan ada produsen BBN (Bahan Bakar Nabati) yang akan tertarik untuk pengadaan FAME tersebut.

Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahaean mengatakan, harga MOPS Solar saat ini sedang rendah, sementara biaya produksi FAME sudah mendekati harga MOPS Solar, tentu dengan margin yang sangat tipis akan mengakibatkan sepi peminat tender.

"Jika menggunakan MOPS solar sebagai acuan ya tentu tidak menarik karena harga minyak dunia sedang rendah. Pertamina harus menggunakan perhitungan harga sendiri terhadap FAME dengan mengusulkan kepada Pemerintah, bagaimana formula yang benar dan tepat," ujar Ferdinand di Jakarta, Rabu, (04/02).

Diakuinya, pemerintah juga harus segera mengambil sikap dalam penentuan Harga Indeks Pasar (HIP) tersebut, karena ini merupakan langkah awal untuk memacu perkembangan energi alternatif dan ramah lingkungan tersebut.

Saat ini, menurut Ferdinand sudah banyak pelaku industri yang tertarik mengembangkan bioenergi, namun masih terhambat pada masalah harga, dimana saat ini karena mengacu pada MOPS. Harga yang dibeli Pertamina masih di bawah harga produksi, sehingga banyak produsen yang menahan produksinya.

Untuk mendukung pemanfaatan energi alternatif tersebut, pemerintah perlu memberikan insentif supaya industri biofuel lokal bangkit dan bisa mengurangi angka impor BBM yang sangat tinggi, hingga membuat neraca perdagangan kita selalu tidak seimbang. Seperti pengurangan pengenaan pajak, atau bantuan peralatan dan lain-lain.

"Pemerintah kan bisa berikan insentif agar menarik bagi produsen," kata Ferdinand.

Seperti diketahui, penetapan harga penjualan publik BBM di Indonesia selama ini dilakukan dengan metode penetapan Mid Oil Plat’s Singapore (MOPS), yaitu harga minyak rata-rata secara flat dari Singapura. Perhitungan secara general atau simpel adalah seperti ini harga minyak berdasar MOPS+besaran alpha (biaya refinery,distribusi,loss product)+biaya pajak. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login