IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Tahun Depan Pemerintah Terapkan Pemakaian Biodisel 20 Persen

Tahun Depan Pemerintah Terapkan Pemakaian Biodisel 20 Persen

Written By Indopetro portal on Tuesday, 24 February 2015 | 19:29

indoPetroNews.com - Kementerian ESDM telah merampungkan uji jalan pemakaian bahan bakar nabati (BBN) jenis biodiesel dengan campuran unsur nabati (fatty acid methyl ether/FAME) 20%. Tahun depan, pemerintah akan menerapkan mandatori biodiesel 20% (B20).

Menurut Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, dari hasil uji jalan, terjadi clogging (penyumbatan) pada mesin di kilometer 7500 lantaran sifat biodiesel yang membersihkan saluran bahan bakar. Namun, masalah ini bisa diatasi setelah ada penggantian filter.

Sementara itu, uji coba pada alat berat dideteksi adanya pelarutan material yang terbuat dari zinc (seng). Masalah ini direkomendasikan untuk diselesaikan dengan penggantian material yang kompatibel dengan biodiesel. Dari sisi pemakaian konsumsi bahan bakar, kendaraan yang memakai B20 umumnya sedikit lebih boros 3,97%. Hal ini kemudian menyebabkan adanya peningkatan konsumsi B20 antara 2-3%.

"Kementerian ESDM tidak berencana untuk melanjutkan uji jalan. Tetapi ada beberapa ATPM (agen tunggal pemegang merk) yang akan melanjutkan uji jalan," ujarnya, seperti dikutip wartawan di Jakarta, Selasa (24/2).

Untuk itu, ungkapnya, pihak produsen kendaraan bermotor diminta segera melakukan persiapan terhadap kendaraan mengikuti rekomendasi yang dihasilkan dari uji jalan ini. Sementara pihaknya akan menyusun regulasi terkait penggunaan BBN pada kendaraan bermotor dan alat berat sesuai dengan mandatori, serta meningkatkan sosialisasi. (Epan Hasyim)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login