IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Tidak Ada Kilang, Indonesia akan Terus Impor Elpiji

Tidak Ada Kilang, Indonesia akan Terus Impor Elpiji

Written By Indopetro portal on Thursday, 12 February 2015 | 22:39

indoPetroNews.com - Selama tidak ada kilang pengolahan gas bumi menjadi elpiji, dipastikan Indonesia akan terus mengimpor elpiji, walau produksi gas dalam negeri mengalami peningkatan.

Direktur Gas Bumi BPH Migas, Djoko Siswanto, mengatakan ada sejumlah penyebab Indonesia harus mengimpor elpiji. Salah satunya, kata dia, keberadaan kilang, kemudian kandungan gas bumi di Indonesia rata-rata adalah C1 (methana) dan C2 (ethana), padahal untuk memproduksi elpiji dibutuhkan C3 (prophana) dan C4 (buthana).
"Ada beberapa faktor kenapa elpiji kita impor, yaitu keberadaan kilang, kandungan gas bumi yang tidak sesuai, dan volume konsumsi yang terus meningkat," ujar Djoko, di Jakarta, Kamis (12/2).

Djoko menambahkan, selama ini pemerintah belum memiliki rencana untuk membangun kilang elpiji. Di Indonesia, pembangunan kilang elpiji oleh badan usaha masih dilihat dari nilai keekonomian, terutama bahan baku gas bumi dengan kandungan C3 dan C4. "Selama ini C3 dan C4 dibakar begitu saja," katanya.

Terkait rencana pemerintah yang akan menerapkan distribusi tertutup untuk penjualan elpiji 3 kg (subsidi), menurut Djoko, terpenting adalah pengawasan. Akan percuma jika sudah ada kartu kendali, namun pengawasan kurang. Masyarakat yang tidak memiliki kartu tetap akan bisa membeli elpiji 3 kg tersebut. "Setelah ada kartu, bagaimana pengawasannya?" jelas dia.

Dipastikan, kebutuhan elpiji ke depan akan meningkat, dan untuk menyelesaikan permasalahan elpiji 3 kg adalah dengan menaikkan harga. “Suatu saat, elpiji 3 kg akan berada di posisi seperti subsidi premium dan solar. Menaikkan harga elpiji 3 kg, akan selesai (masalahnya)," ungkap Djoko. (Epan Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login