IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Achmad Safiun : Semua Harga Gas Bumi Dibayar Dengan Rupiah

Achmad Safiun : Semua Harga Gas Bumi Dibayar Dengan Rupiah

Written By Indopetro portal on Tuesday, 31 March 2015 | 17:48

Gas Bumi
indoPetroNews.com - Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB), Achmad Safiun meminta semua harga dan pembayaran gas bumi di dalam negeri dibayarkan dalam bentuk mata uang Rupiah. Ini dilakukan agar sektor Industri pengolahan dapat dijadikan sebagai pendorong utama dan bertumbuh menjadi yang berkualitas, cepat dan stabil bagi perekonomian secara keseluruhan.

"Kalo dibayarkan pake dollar, lalu saat dollar naik kan pasti akan naik juga, ya itu pun kalo kita gak mau mengulangi kembali krisis yang terjadi di tahun 1998," kata Safiun, di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (31/03).

Safiun menambahkan hal tersebut juga guna menjadikan Industri pengolahan tetap dinamis, karena menurutnya penting terjadinya transformasi struktural perekonomian di Indonesia. Hal tersebut guna meningkatkan daya saing dan ekspor produk industri pengolahan meningkat, mengamankan neraca berjalan selanjutnya mengawal nilai tukar.

Perlu diketahui, bahwa perkembangan Harga Gas Bumi di Indonesia saat ini sangat rawan. Ini terlihat dari Harga Natural Gas Pipa untuk Industri (PGN) yang di sumatera Utara (SBU 3) sejak 1 September 2011 sebesar USD 8,3/MMBTU walaupun pasokan sangat kurang, di Jawa Bagian Barat (SBU 1) sejak April 2013 sebesar USD 9,23/MMBTU dengab surcharge bila penggunaan berlebih.

Sementara di Jawa Timur (SBU 3) sejak 1 November 2011 sebesar USD 8,72/MMBTU. Selain itu Harga Liquified Natural gas (LNG) 17-18 USD/MMBTU, dan Harga Compressed Natural Gas (CNG) mencapai 20-22 USD/MMBTU.

"Sementara Kondisi Industri pengolahannya terutama di bidang Ekspor dan Impor itu mengalami penurunan. Dengan demikian ini akan memberatkan para pelaku industri," ujarnya.

Safiun juga mendesak Pemerintah untuk menurunkan harga gas bumi menjadi USD 5 Per MMBTU, dimana sebelumnya sebesar USD 9 Per MMBTU. Kemudian juga, menurunkan Harga LNG di Jakarta dan Arun dari 17-18 USD per MMBTU menjadi 7-8 USD per MMBTU. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login