IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Alasan Pemerintah Menaikkan Harga BBM Per 28 Maret 2015

Alasan Pemerintah Menaikkan Harga BBM Per 28 Maret 2015

Written By Indopetro portal on Monday, 30 March 2015 | 11:19

indoPetroNews.com - Pemerintah mengaku penetapan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada akhir pekan lalu merupakan dampak dari dua faktor yang mempengaruhi, yakni kenaikan harga minyak mentah dunia dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
BBM Naik maret

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan bahwa asumsi harga minyak mentah Indonesia dalam APBN-P 2015 sebesar US$60 per barel. Namun, kata dia, itu merupakan asumsi per tahun.

"Kenyataannya kemarin kenaikan harga minyak dari US$50-an per barel ke US$72 per barel rata-rata. Kemudian adanya pelemahan rupiah akibat menguatnya dolar AS. Dampak dari dua-duanya itu menyebabkan harga penjualan pada tingkat konsumen jadinya meningkat," kata Sudirman, di Jakarta, Senin (30/3).

Meski demikian, ia meyakini kenaikan harga BBM ini tidak akan mempengaruhi konsumsi masyarakat. Sehingga pertumbuhan ekonomi masih akan seperti yang diharapakan.

"Pengaruh ke pertumbuhan ekonomi ini jangan lihat satu spot, kita lihat secara over all atau sepanjang tahun. Kita masih tetap seperti harapan sebelumnya. Kemudian APBN kita makin lebih sehat. Sehingga dana yang dihemat bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan lain-lain," jelasnya.

Sudirman menambahkan, pemerintah sudah menetapkan harga BBM subsidi dan ESDM memiliki formula untuk merumuskan. Mengingat Indonesia masih mengimpor minyak, maka harga BBM di dalam negeri juga terpengaruh oleh harga minyak dunia.

"Karena BBM itu impor, berarti pengaruh kurs juga ada. Jadi bukan hanya pengaruh harga minyak saja, tapi pengaruh kurs juga penting. Dan sebenarnya setiap dua minggu (harga BBM) itu di-review. Peraturan Menteri ESDM itu mengatur, itu direview setiap dua minggu," kata Sudirman.

Diketahui pemerintah resmi memutuskan harga BBM jenis bensin premium RON 88 dan solar sebesar Rp500 per liter. Di Jawa, Madura, Bali, harga BBM Premium naik dari Rp6.900 menjadi Rp7.400. Sedangkan untuk solar naik dari Rp6.400 menjadi Rp6.900.

Sedangkan untuk wilayah luar Jawa Madura Bali, harga Premium naik dari Rp6.800 per liter menjadi Rp7.300. Sedangkan harga solar sama dengan area Jawa sebesar Rp6.900 per liter.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login