IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Data Pembelian Minyak Mentah Pertamina Harus Transparan

Data Pembelian Minyak Mentah Pertamina Harus Transparan

Written By Indopetro portal on Thursday, 26 March 2015 | 17:23

indoPetroNews.com - Tidak transparannya data mengenai pengadaan produk bahan bakar minyak (BBM) serta minyak mentah impor, membuat beberapa kalangan meminta agar PT. Pertamina (Persero) untuk lebih terbuka kepada masyarakat, dalam mempubikasikan data-data.

Pasalnya mayoritas minyak mentah sudah dibuat kontrak pembeliannya oleh manajemen Pertamina Energy Trading Limited (Petral) akhir tahun lalu, atau sebelum kewenangan pengadaan minyak impor dipindah ke divisi pengadaan minyak Pertamina, Integrated Supply Chain (ISC).

"Petral dari dulu selalu dijadikan tumbal oleh Direksi Pertamina karena ujung-ujungnya yang memutuskan pembelian minyak impor itu ISC Pertamina. Kalau benar-benar sudah melakukan transformasi, apa salahnya jika data maupun dokumen yang ada di buka," ujar Pengamat energi, Yusri Usman, di Jakarta, Kamis (26/3).

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri, sebanyak 6 juta dari 9 juta barel minyak mentah per bulan yang akan diimpor ISC tahun ini telah diamankan Petral dengan tenor kontrak selama 6 bulan.

Berangkat dari hal tersebut, Yusri pun meminta pemerintah dan Direksi Pertamina yang baru segera melakukan audit ketat terhadap dokumen mengenai pengadaan minyak impor. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login