IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Dirjen Migas: KKKS yang Gunakan Teknologi EOR pada Sumur Tua akan Diberi Insentif

Dirjen Migas: KKKS yang Gunakan Teknologi EOR pada Sumur Tua akan Diberi Insentif

Written By Indopetro portal on Friday, 20 March 2015 | 16:21

indoPetroNews.com - Pemerintah mengimbau pihak Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) agar menerapkan teknologi enhanced oil recovery(EOR) untuk meningkatkan produksi minyak nasional.

Demikian pandangan Plt Dirjen Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, I Gde Nyoman Wiratmaja Puja, di Jakarta, Kamis (19/3).

Seperti diketahui, pemerintah mendorong penerapan teknologi EOR melalui Inpres No 02/2012 tentang Peningkatan Produksi Minyak dan Gas Bumi, serta Peraturan Menteri ESDM No 06/2010 tentang Pedoman Kebijakan Peningkatan Produksi Minyak dan Gas Bumi.

Wiratmaja mengatakan, untuk mempercepat penggunaan teknologi EOR, pemerintah akan memberikan insentif kepada KKKS. EOR digunakan untuk memaksimalkan sumur tua, di mana tekanan minyaknya mulai rendah.

"Pemerintah akan memberikan insentif kepada KKKS yang melakukan EOR, sesuai dengan kontrak. Ini untuk mempercepat EOR di Indonesia," ujar Wiratmaja.

Beberapa sumur yang telah menerapkan EOR di antaranya Lapangan Duri, Kaji, Minas, Kulin, dan Keris.

PT Medco Energi Internasional Tbk juga merupakan salah satu KKKS yang sudah menerapkan EOR di Lapangan Kaji Semoga. Teknologi yang digunakan dengan memanfaatkan surfaktan.

CEO Medco, Lukman Mahfoedz, mengatakan pemanfaatan EOR sudah harus dilakukan di Indonesia, jika ingin memaksimalkan produksi dari sumur yang ada. Alasannya, karena sumur yang ada rata-rata merupakan sumur tua, sehingga memerlukan teknologi khusus untuk menguras minyak di dalamnya.

"Teknologi yang kini sedang diterapkan Medco untuk meningkatkan pengurasan cadangan dari sumur-sumur tua adalah EOR," ucap Lukman. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login