IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Galang Petisi Tuntaskan Blok Mahakam

Galang Petisi Tuntaskan Blok Mahakam

Written By kusairi kusairi on Friday, 27 March 2015 | 13:18

indoPetroNews.com - Eksponen masyarakat sipil yang tergabung dalam Petisi Blok Mahakam untuk Rakyat menuntut Pemerintah bersikap tegas dan segera memutuskan status Blok Mahakam.

Blok Migas di lepas pantai Kalimantan Timur harus tetap diproduksikan untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Kita menuntut pemerintah segera menerbitkan surat keputusan penyerahan 100% saham Blok Mahakam kepada Pertamina tanpa kewajiban mengikutsertakan Total dan Inpex,” kata Koordinator Petisi Mahakam untuk Rakyat, IRESS, Marwan Batubara, saat melakukan audiensi dan menyampaikan petisi Mahakam bersama beberapa akademisi dari berbagai perguruan tinggi, di kantor ESDM Jakarta, Jumat (27/3).

Selanjutnya, kata dia, Pemerintah untuk berperan aktif mengendalikan dan menjamin penyerahan 10% saham Pertamina di Blok Mahakam kepada Pemrov Kaltim dan Pemkab Kutai Kartanegara.

“Partisipasi kedua Pemda memiliki saham Blok Mahakam bersama Pertamina harus diwujudkan dalam sebuah konsorsium yang tidak melibatkan perusahaan swasta,” kata Marwan.

Bukan hanya itu, papar Marwan, pihaknya juga meminta pada Total, Inpex dan para antek pendukungnya, termasuk para oknum begal di seputar istana untuk tidak berulah dan melakukan intervensi pada pengambil kebijakan di negera ini.

“Mereka harus menghentikan segenap upaya mempengaruhi pemerintah dalam memutuskan penyerahan 100% Blok Mahakam kepada Pertamina,” jelas Marwan.

Petisi, menurut dia juga meminta pemerintah menertibkan dan “mengamankan” para oknum pejabat yang melakukan “akrobat pernyataan”, mencari-cari alasan dan menggiring opini publik untuk masih memberi kesempatan kepada asing memiliki saham Blok Mahakam. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login