IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Menteri ESDM Minta Mendag Mempertimbangkan Permen Tentang Letter of Credit

Menteri ESDM Minta Mendag Mempertimbangkan Permen Tentang Letter of Credit

Written By kusairi kusairi on Friday, 27 March 2015 | 13:16

indoPetroNews.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, meminta kepada Menteri Perdagangan (Mendag), Rachmat Gobel untuk mempertimbangkan kembali Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 4 Tahun 2014 tentang ketentuan wajib menggunakan fasilitas transaksi internasional Letter of Credit (L/C) kepada para eksportir atau importir komoditas tertentu.

Komoditas yang dimaksud, minyak sawit (CPO & CPKO), mineral (termasuk timah), batu bara, serta minyak dan gas bumi (migas). Menurut Sudirman, ekspor Migas berbeda dengan ekspor komoditas lainnya. "Terhadap L/C kami tidak bereaksi, kita konsen jelaskan migas berbeda dengan komoditi lain. Kita pahami tujuannya emang jelas untuk devisa, tapi urusan migas berbeda," ungkap Sudirman pada wartawan di kantornya, Kamis (26/3).

Sudirman mengungkapkan, bahwa pengawasan dalam sektor migas kini sudah lebih ketat, bahkan pencatatan finansial ekspornya terdaftar di Bank Indonesia (BI). Selain itu, pembeli migas juga merupakan kontrak dalam jangka panjang. Para pelaku usaha dan eksportir migas pun menilai, kebijakan tersebut terlalu merepotkan. Terlebih lagi, saat perusahaan migas melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan pembeli migas besar.

Sebelumnya, dari berita yang berhasil dihimpun indoPetroNews.com, Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Kebijakan Luar Negeri dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus, Arlinda Imbang Jaya mengatakan, pemberlakuan kewajiban L/C ini diterapkan guna meningkatkan tertib usaha dan efektivitas pelaksanaan kebijakan ekspor dan impor barang. Dengan demikian, akurasi perolehan devisa hasil ekspor khususnya ekspor Sumber Daya Alam dapat terjamin. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login