IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Menteri ESDM : Seluruh Instansi & Perusahaan Wajib Miliki Sertifikat Energi

Menteri ESDM : Seluruh Instansi & Perusahaan Wajib Miliki Sertifikat Energi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 24 March 2015 | 16:37


Sertifikat Energi

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengakui, dalam waktu ke depan pemerintah mewajibkan seluruh instansi, perusahaan sampai lembaga untuk memiliki sertifikat managerial energy.

Sudirman menjelaskan, kewajiban tersebut terutama ditujukan kepada instansi yang telah menggunakan energi setara dengan 6.000 ton ekuivalen Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Ada kewajiban bagi institusi, perusahaan atau lembaga apapun bagi yang menggunakan energi setara dengan 6.000 ton equivalen BBM itu diharuskan memiliki manager energi," kata Sudirman, di Jakarta, Selasa (24/3).

Menurut Sudirman, kewajiban tersebut saat ini dimulai dari 1500 institusi baik perusahaan, industri, lembaga sampai pemerintahan.

"Tetapi dari 1500 yang seharusnya memiliki manajer energi itu baru ada sekitar 96 tidak sampai 100 yang mendapatkan certificate energy managerial, jadi Kementerian ESDM akan mendorong supaya yang memasuki kriteria itu harus memiliki manajer energi," tambahnya.

Menurut Sudirman, manajer energi itu nantinya bertugas mulai dari perencanaan pengelolaan energi, sampai mengatur kepemilikan produk yang hemat energi.

Menurut dia, jika suatu instansi memiliki managerial energi, telah memberikan impact terhadap energi nasional yang sangat besar. Hal itu juga sudah tertuang dalam PP 70 Tahun 2009 mengenai konservasi energi.

"Seharusnya mandatori tetapi sampai saat ini belum cukup mendapatkan perhatian, kami dalam waktu dekat ingin memulai sosialisasi, mendidik manajer energi sampai pada enforcement karena memang ada sanksinya, kalau tidak melakukan ada sanksi karena kalau tidak kita tidak akan menjadi bangsa yang sadar tentang perlunya hemat energi," tutupnya. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login