IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Daerah Batal Kebagian PI Blok Mahakam

Pemerintah Daerah Batal Kebagian PI Blok Mahakam

Written By Indopetro portal on Tuesday, 24 March 2015 | 16:23

Anjungan minyak blok mahakam
indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, pihaknya tidak akan memberikan bagian dari participating interest (PI) kepada Pemerintah Daerah Kalimantan Timur.

Sudirman menjelaskan, nantinya pemda Kaltim akan mendapat bagian bukan berasal dari PI melainkan porsi dari dana hasil Blok Mahakam.

"Daerah tidak diikutsertakan dalam PI. Kita lebih prefer ke aliran cash. Ke tambahan kas daerah," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Pasalnya, Sudirman mengungkapkan, bila Pemda diikutsertakan dalam PI, maka Pemda harus menyediakan dana investasi dari alokasi APBD.

Namun, tambahnya, jika Pemda hanya diikutsertakan dalam dana bagi hasil, maka Pemda tidak perlu menggelontorkan dana sedikit pun. Justru, Pemda akan memperoleh pendapatan daerah lebih cepat ketimbang melalui PI.

Sudirman menegaskan bahwa, pemerintah akan menyerahkan mayoritas saham pengelolaan Blok Mahakam kepada PT Pertamina (Persero).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PT. Pertamina akan melibatkan pemerintah daerah Kalimantan Timur sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2001 tentang Migas. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login