IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemerintah harus Miliki Patokan Harga BBM per Enam Bulan

Pemerintah harus Miliki Patokan Harga BBM per Enam Bulan

Written By kusairi kusairi on Friday, 27 March 2015 | 13:09

indoPetroNews.com - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati mengungkapkan, seharusnya pemerintah memiliki patokan harga rata-rata minyak dunia per 6 bulan. Dengan demikian, harga BBM nantinya mengacu pada patokan harga tersebut yang diambil di kisaran tengah dari harga patokan tersebut.

Menurutnya, hal ini digunakan untuk mempermudah pemerintah dalam menentukan harga BBM selanjutnya. "Jadi, ini memang yang harus dihitung betul adalah bagaimana kemampuan pemerintah memproyeksi (kenaikan harga minyak dunia). Ini kan harus dihitung," ungkapnya di Jakarta, Kamis (26/3).

Enny mengatakan, pemerintah juga harus mengambil harga jual yang pas. "Pemerintah harus tahu betul rata-rata (minyak dunia) per 6 bulan berapa, nanti pemerintah ambil harga jualnya jangan pas, tapi di tengah-tengah. Misalnya dalam enam bulan rata-rata ini di USD50, nah ketika USD50 itu rata-rata harga jualnya misalnya Rp 6.800/USD. Jangan dipasin di situ, jadi harus di-range tengah," terang Enny.

Nantinya, lanjut Enny, upaya tersebut akan meringankan pekerjaan pemerintah untuk merevisi harga BBM per bulannya. "Ketika harga turun, pemerintah juga enggak harus menurunkan. Ketika harga naik sedikit, pemerintah enggak harus menaikkan. Jadi yang penting stabilitas harga BBM itu penting," ujarnya.

Pasalnya, pelepasan harga BBM kepada mekanisme pasar secara total akan menyebabkan masalah yang sangat krusial. Hal ini, tambah Enny, disebabkan masih adanya masalah rigiditas harga. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login