IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Laporkan Menurunnya Konsumsi Solar Subsidi

Pertamina Laporkan Menurunnya Konsumsi Solar Subsidi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 31 March 2015 | 19:34

Solar Subsidi
indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) melaporkan penghematan yang sudah pihaknya lakukan kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, mengatakan penghematan tersebut mulai dari sentralisasi pengadaan hidrokarbon, non-hidrokarbon hingga menurunnya konsumsi solar bersubsidi.

"Ada juga penghematan yang dari hidrokarbon yang sentralisasi pengadaan di pertamina," kata dia di Kementerian ESDM, Selasa (31/3).

Wianda juga menyebut bahwa penghematan dari hidrokarbon berasal dari mekanime cost and freight (cfr) ke free on board (fob) sebesar USD22 juta. "Volume sama saja hanya beda sistem," ujarnya.

Selanjutnya sentralisasi pengadaan yang termasuk barang dan jasa dikatakan Wianda bahwa Pertamina menghemat USD26 juta. Namun, tidak hanya itu, Pertamina memperoleh penghematan dari turunnya konsumsi solar bersubsidi menjadi 34 ribu kiloliter (kl) per hari setelah sebelumnya sekira 44 ribu kl per hari.

"Inisiatif efisiensi yang sudah dilakukan Pertamina, untuk saat ini ada 3 hal itu," kata Wianda.

Diketahui pihak Pertamina mendatangi kantor Kementerian ESDM guna memberikan laporan mengenai efisiensi yang telah mereka lakukan. Adapun pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut Pertamina Dwi Soetjipto serta jajaran terkait lainnya. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login