IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » PGN Bantah FSRU Lampung Tidak Beroperasi

PGN Bantah FSRU Lampung Tidak Beroperasi

Written By Indopetro portal on Monday, 30 March 2015 | 16:32

indoPetroNews.com - Manajemen PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) membantah, jika FSRU Lampung tidak beroperasi. PGN menilai untuk mengoperasikan infrastruktur gas dibutuhkan tiga hal penting, yaitu infrastruktur, pasokan gas dan pasar.
PGN FSRU Lampung
Assistant VP Corporate Communication PGN, Irwan Andi Atmanto mengatakan, FSRU Lampung tidak berhenti beroperasi, namun masih dalam tahap pengembangan pasar. Pasar harus diciptakan seiring dengan pengembangan infrastruktur.

"Sebenarnya tidak berhenti beroperasi. Pengembangan infrastruktur gas bumi ada tiga hal penting, pasokan gas, infrastruktur, dan pasar," ujar Irwan dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/3).

Diakuinya, saat ini pasar yang tengah dikembangkan adalah pasar industri. Dan pasar yang sudah ada adalah PLN, sebanyak 3 kargo dari 2014. Namun, karena dalam masa musim hujan, untuk saat ini PLN berhenti sesaat untuk memanfaatkan gas dari FSRU Lampung.

"Saat ini musim hujan, jadi PLN menggunakan jasa PLTA untuk sementara waktu," katanya.

Walau PLN tengah menyetop permintaan LNG dari FSRU Lampung, PGN tidak terbebani pembelian LNG, karena tidak ada pembelian LNG oleh PGN dari produsen.

"Penghentian sementara seperti ini umum terjadi dengan FSRU dinegara lain, seperti Amerikan dan Eropa juga terjadi," katanya.

Sebelumnya Energy Watch Indonesia (EWI) yang diketuai oleh Ferdinan Hutahahean, meminta pemerintah untuk melakukan investigasi terhadap PT PGN Persero Tbk terkait pembangunan FSRU Lampung. Pasalnya, hingga saat ini FSRU tersebut belum menghasilkan apa-apa dan telah merugikan negara dan menguntungkan mafia.

"FSRU Lampung belum beroperasi, PGN per harinya harus membayar sewa kapal sebesar US$300 ribu," ucap Ferdinan. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login