IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » PLN Ganti Pembangkit di Sumatera Utara dengan LNG

PLN Ganti Pembangkit di Sumatera Utara dengan LNG

Written By Indopetro portal on Tuesday, 10 March 2015 | 13:15

indoPetroNews.comSetelah melakukan konversi dari High Speed Diesel ke Gas Alam Cair (LNG), PT PLN (Persero) dipastikan akan menghemat dana anggaran pembangkit listrik sebesar lebih dari Rp 5 triliun per tahun.
LNG


Diketahui, PLN membeli LNG dari kilang Tangguh, Papua, dan dapat dimanfaatkan untuk memperkuat pasokan listrik Sumatera Utara serta bisa menggantikan bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini menjadi energi utama pembangkit listrik di Belawan.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto mengatakan, PLN memanfaatkan pasokan gas dari regasifikasi Arun khusus untuk digunakan pembangkit listrik Belawan dan pembangkit-pembangkit listrik baru berbahan bakar gas lainnya yang dilewati ruas pipa gas Arun-Belawan.

Menurut Bambang, total kebutuhan pasokan gas sementara di pembangkit listrik Belawan sebesar 96 British Thermal Unit per Day (BBTUD) untuk mengoperasikan mesin Gas Turbin (GT) 1.1, GT 2.1, dan GT 2.2. Selain itu PLN juga membutuhkan 2 BBTUD untuk pembangkit listrik sewa di Belawan sehingga totalnya sebesar 98 BBTUD.

"Pasokan gas berbasis LNG akan membuat keberlangsungan pasokan gas menjadi lebih terjamin karena PLN dapat membeli pasokan LNG baik dari domestik maupun internasional. Selain itu penggunaan BBM untuk pembangkit listrik PLN di Belawan dapat dikurangi hingga 80%," kata Bambang di Jakarta, kemarin.

Diketahui sampai saat ini, PLN masih menggunakan bahan bakar minyak marine fule oil (MFO) di Belawan sebesar 2x65 MW. Dalam upaya memenuhi kebutuhan pasokan gas di Aceh, Medan dan Sumatera Bagian Utara, PLN bekerja sama dengan BP Tangguh, PT Perta Arun Gas dan PT Pertamina Gas.

PLN membeli sembilan kargo LNG dari Tangguh, Papua dan membawanya ke Blang Lancang–Arun untuk kemudian disimpan dan diproses lebih lanjut menjadi gas alam oleh PT Perta Arun Gas yang kemudian ditransportasikan melalui pipa Arun-Belawan sepanjang 350 km hingga ke pembangkit listrik Belawan oleh PT Pertamina Gas.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login