IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Ramai-ramai Berinvestasi pada Sektor BBG

Ramai-ramai Berinvestasi pada Sektor BBG

Written By Indopetro portal on Tuesday, 17 March 2015 | 18:03

indoPetroNews.com - Seluruh dunia sedang melihat perkembangan pemanfaatan bahan bakar gas (BBG). Tidak terkecuali Indonesia yang dalam 6 tahun terakhir bisa dibilang sukses memanfaatkan energi yang ramah lingkungan tersebut.

Meski awal-awal muncul pro-kontra, konversi BBM ke bahan bakar LPG untuk kebutuhan rumah tangga, juga bisa dibilang sukses. Kemudian pada level transportasi, Indonesia juga mampu memanfaatkan BBG. Seperti motor, hingga bus.

Guna meningkatkan akselerasi konversi BBM menjadi BBG, Asosiasi Perusahaan Compressed Natural Gas Indonesia (APCNGI), selaku asosiasi perusahaan dan komunitas nasional di bidang gas, merencanakan menggelar hajatan besar bertajuk "The 9th Natural Gas Vehicles & Infrastructure Indonesia Forum and Exhibition" di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

Ketua APCNGI, Robbi Sukardi, mengatakan pertemuan yang digelar pada 18-20 Maret 2015 nanti merupakan pertemuan komunitas gas alam terbesar tahun ini, yang melibatkan berbagai perusahaan nasional maupun internasional.

"Upaya pengalihan BBM ke BBG memang sudah jadi isu nasional dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, tak mudah mengaplikasikannya karena berbagai kendala di lapangan, khususnya infrastruktur seperti stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) yang masih minim. Akibatnya, Indonesia bisa dibilang tertinggal dalam upaya konversi BBM ke BBG dibandingkan sejumlah negara tetangga," ujar Sukardi, melalui siaran pers yang diterima media indoPetroNews.com, di Jakarta, Selasa (17/3)

Sukardi menilai, Indonesia adalah produsen gas alam terbesar di dunia. Oleh sebab itu, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan perlu mempertimbangkan pemanfaatan stok energi yang cukup besar ini dalam perkembangan teknologi kendaraan.

"Pemerintah harus mendukung program ini dan melakukan berbagai upaya. Tapi, akan jauh lebih cepat berkembangnya jika sektor swasta 'menjemput bola' dengan berinvestasi di bidang ini. Forum dan pameran selama tiga hari inilah tempatnya untuk mencermati segala hal seputar bisnis BBG dan prospeknya. Ini sekaligus kesempatan buat perusahaan yang sudah eksis untuk mempromosikan produk atau jasanya," papar Sukardi.

Diketahui, selain menghadirkan sekitar 200 perusahaan, perhelatan akbar itu juga mengundang Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Industri, KADIN, PT Pertamina, PGN, SKK Migas, hingga Hiswana Migas. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login