IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Skema "Participating Interest" Migas, Pemda Jangan Sampai Tanggung Risiko

Skema "Participating Interest" Migas, Pemda Jangan Sampai Tanggung Risiko

Written By Indopetro portal on Wednesday, 4 March 2015 | 15:49

indoPetroNews.com - Di tengah pembahasan sejumlah usulan dalam draf Rancangan UU Migas, tim Antimafia Migas juga menyinggung isu mengenai pemberian hak partisipasi (participating interest/PI) kepada pemerintah daerah (Pemda).

Ketua Tim Reformasi Migas, Faisal Basri mengungkapkan, ada baiknya jika skema pemberian hak partisipasi diubah menjadi skema lain agar Pemda tidak menanggung risiko atas pengelolaan blok Migas.

"APBD itu kecil dan 80 persennya untuk gaji pegawai. Kalau 20 persen sisanya itu untuk mengelola ladang (migas) dan ladangnya seperti kasus Lapindo, kan kasihan daerahnya harus ikut menanggung,” kata Faisal, di Jakarta Rabu (4/3).

Oleh karena itu, tim mengusulkan agar hak partisipasi kepada daerah diganti dengan bagi hasil langsung. “Seperti pemerintah pusat dapat bagi hasilnya dan pemerintah daerah seharusnya dapat bagi hasil juga tanpa ada risiko bisnis sama sekali," ujar Faisal.

Meski begitu, Faisal menekankan bahwa pihaknya belum rampung membahas mengenai usulan RUU Migas yang sedianya akan dibahas pemerintah bersama DPR tahun ini. "Masih ada petroleum fund dan lain-lain," tutupnya. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login