IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Syamsu Alam: Tiap Tahun Pertamina Selalu Tingkatkan Kemampuan dan Penguasaan Teknologi

Syamsu Alam: Tiap Tahun Pertamina Selalu Tingkatkan Kemampuan dan Penguasaan Teknologi

Written By Indopetro portal on Monday, 30 March 2015 | 13:34

indoPetroNews.com – Di sela-sela acara pembukaan Forum Sharing Teknologi Hulu di Bali, Senin (30/3), Direktur Hulu Petamina Syamsu Alam kepada sejumlah media mengatakan, dari tahun ke tahun Pertamina terus meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknologi. Terlebih lagi, tuturnya, tantangan industri hulu migas nasional semakin tinggi dengan bergesernya sumber migas dari daratan dan perairan sedang ke laut dalam.
Pertamina pekerja
"Pertamina sejauh ini telah berhasil mengimplementasikan teknologi laut dalam, sebagaimana sudah dibuktikan pada operasi Blok ONWJ dan Blok WMO dengan membuahkan hasil berupa peningkatan produksi ke kedua blok tersebut," katanya.

Syamsu Alam menambahkan peningkatan efisiensi, sinergi lintas anak perusahaan, serta optimalisasi aset merupakan keniscayaan yang harus dilakukan untuk meredam tekanan eksternal berupa penurunan harga minyak. Dari beberapa program seperti merger dan akuisisi, Enhanced Oil Recovery/Improved Oil Recovery, dan juga operation exellences di bidang pemboran, serta peningkatan kegiatan eksplorasi harus dapat dilaksanakan secara selektif dan fokus sehingga memberikan hasil yang optimal dan segera bagi Pertamina.

“Yang pasti, industri migas dan geothermal tidak bisa lepas dari kreativitas, inovasi, dan penguasaan teknologi. Maka, dalam kondisi harga minyak yang rendah, riset dan pengembangan teknologi terutama untuk mencari cadangan baru harus tetap terpelihara sehingga pada saat nanti harga minyak rebound, kita sudah siap berlari kencang,” ungkapnya.



Apa yang diungkapkan Syamsu Alam, sesungguhnya merupakan jawaban atas keberhasilan Pertamina dalam klaim keberhasilan produksinya dalam 8 tahun terakhir. Karena seperti diberitakan, di tengah rata-rata produksi minyak yang sulit mencapai target dan cenderung turun, Pertamina mengklaim justru telah berhasil meningkatkan produksi minyaknya sebesar 7% pada delapan tahun terakhir. Keberhasilan ini dinyatakan tidak hanya untuk Onshore tetapi juga Offshore, seperti untuk lapangan ONWJ (Offshore North West Java) dan WMO (West Madura Offshore). UG
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login