IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Total E&P Gunakan Urea Dicampur Solar untuk Mencari Minyak

Total E&P Gunakan Urea Dicampur Solar untuk Mencari Minyak

Written By Indopetro portal on Thursday, 5 March 2015 | 17:05

indoPetroNews.com - Dalam menggunakan bahan peledak untuk melakukan eksplorasi minyak dan gas bumi, Perusahaan Minyak asal Prancis Total E&P Indonesie, gunakan bahan peledak dari urea dicampur solar. (TEPI)

Vice President Geoscience & Reservoir TEPI, Noor Syarifuddin, berpendapat bahwa bahan tersebut cukup gampang ditemukan. Meski demikian, lanjut dia, ada satu lagi alat yang menjadi pemicu ledakan, namanya Deto Elektronik. Alat ini menjadi kesatuan dari bahan peledak dan terdapat password untuk memicu ledakan.

"Seperti bom di Bali, itu dengan volume ledak besar, mereka pasti menggunakan urea dicampur solar. Tapi untuk meledakkan itu diperlukan detonator atau pemicu ledakan. Dan ini yang sulit dicari karena sangat dikontrol sama pemerintah," kata Syarifuddin, di kantornya, Gedung World Trade Center II, Jakarta, Kamis (5/3).

Syarifuddin mengatakan, eksplosif juga dapat terdegradasi dan kemudian tidak meledak. Hal tersebut kerap dimanfaatkan masyarakat untuk mengambil kabel dan kemudian menjualnya. Hal ini yang membuat kita evaluasi untuk menggunakan detonator yang dapat terurai dalam tempo 6 bulan.

"Pada periode terdahulu sering ada nelayan yang iseng menarik-narik dan menggali sisa dari detonator yang tidak meledak. Mereka mengincar kabelnya, karena ada tembaganya dan bisa dijual. Namun karena ditarik-tarik yang tadinya tidak bisa meledak bisa kembali meledak. Hal itu terjadi ketika 1-2 tahun eksplorasi selesai," katanya.

Hari ini, TEPI  mempertontonkan kegiatan seismik untuk mencari sumber energi minyak bumi. Dalam video yang berdurasi sekitar 30 menit tersebut, tampak jelas bagaimana proses mulai dari survey seismik, hingga ditemukannya minyak dan gas bumi yang begitu sulit dan penuh dengan risiko. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login