IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Akal-akalan Pemerintah Luncurkan Pertalite Akan Timbulkan Masalah Baru

Akal-akalan Pemerintah Luncurkan Pertalite Akan Timbulkan Masalah Baru

Written By Indopetro portal on Tuesday, 28 April 2015 | 11:07

Pertalite
indoPetroNews.com - Rencana pemerintah yang akan merilis bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan Ron 90, dikenal dengan merek pertalite, sebaiknya dikaji lebih mendalam. Karena, harga pertalite yang dibanderol lebih mahal dari premium justru akan menimbulkan mafia baru.

Anggota Komisi VII DPR, Bambang Wuryanto, mengatakan dengan harga yang lebih mahal dan masih harus diimpor, jangan sampai pengadaan pertalite malah menimbulkan masalah baru.

"Perubahan dari premium ke pertalite hanya menambah kandungan oktan dua poin. Jangan tergesa-gesa," ujar Bambang, di Jakarta, Selasa (28/4).

Saat ini harga premium Rp7.400 per liter, pertalite rencananya berada di atas premium dan di bawah pertamax, yang saat ini Rp8.600 per liter.

Karena itu, menurut Bambang, perlu dikaji kembali, jangan sampai sudah diproduksi, namun tidak ada yang membeli, karena lebih mahal dari premium.

Selain itu, walau tidak ada investasi baru di SPBU, pemilik juga harus menguras tangki yang sebelumnya digunakan untuk premium, dan diganti pertalite. “Jangan sampai karen proses tersebut, masyarakat justru akan mengalami kesulitan memperoleh BBM,” ucap dia.

Saat ini, kebutuhan premium nasional berada di kisaran 15 juta barel per bulan. Dari kebutuhan sebanyak itu hanya dapat dipenuhi kilang minyak di Indonesia sekitar lima juta barel, sehingga sisanya harus diimpor.

"Biaya impor dan distribusinya sekitar US$66 miliar atau setara Rp88 triliun. Ini bukan dana yang kecil," papar Bambang.

Kontributor : Epan
Editor : Budi
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login