IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Awang Faroek Ishak Pesimis Pertamina Mampu Kelola Mahakam

Awang Faroek Ishak Pesimis Pertamina Mampu Kelola Mahakam

Written By kusairi kusairi on Monday, 13 April 2015 | 16:19

indoPetroNews.com - Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak merasa pesimis, PT Pertamina (Persero) mampu mengelola Blok Mahakam sendirian. Pasalnya, teknologi yang dimiliki perusahaan plat merah tersebut, belum memadai untuk mengelola Blok yang berada di Kalimantan Timur itu.

Awang mengatakan, untuk menjaga agar produksi migas di Blok Mahakam tetap stabil pasca 2017, pemerintah harus melibatkan kembali Total E&P Indonesie dalam pengelolaan blok tersebut. Alasannya karena Total telah berpengalaman di Blok Mahakam, karena hingga saat ini Total operator blok tersebut.

"Kami minta Total tetap dilibatkan, khawatir produksi migas turun, yang rugi bukan hanya Kaltim, seluruh Indonesia juga rugi," ujar Awang di Jakarta, Senin (13/4).

Walau Total E&P dilibatkan, yang menjadi operator tetaplah Pertamina. Semua ini menurut Awang demi kepentingan bangsa, bukan karena gengsi atau lainnya.

Terkait persoalan hak Participating Interest (PI) untuk pemerintah daerah (Pemda), Awang meminta agar Pemda diberikan hak PI sebesar 19 persen, bukan 10 persen, seperti yang pernah didengungkan pemerintah.

Blok migas yang habis kontrak akan kembali ke negara, namun bukan berarti keputusannya dikuasai oleh pemerintah pusat, harus ada keterlibatan Pemda dalam menentukan hak PI selanjutnya.

Awang juga mengusulkan, jika Total E&P dilibatkan kembali, maka persentase hak PI tersebut Pertamina 51 persen, Pemda 19 persen dan Total E&P 30 persen. "Kalau blok migas ini dikembalikan ke negara dan negara yang tentukan, tidak ada istilah (pemerintah) pusat dan daerah, tidak boleh ada dikotomi," tegasnya. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login