IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » BUMD Yang Sehat Hanya Berada Di Jawa

BUMD Yang Sehat Hanya Berada Di Jawa

Written By Indopetro portal on Thursday, 9 April 2015 | 14:03

BUMD
indoPetroNews.com - Energy Watch Indonesia (EWI) mendesak pemerintah untuk mengkaji kembali rencana penerbitan aturan yang melarang keterlibatan swasta dalam participating interest (PI) sepuluh persen milik pemda atau BUMD.

Direktur Eksekutif EWI, Mamit Setiawan, mengatakan dalam UU No 22/2001 dan PP No 35/2004, pemda mempunyai hak PI dalam pengelolaan blok migas di wilayahnya.

Namun, dengan adanya larangan swasta masuk ke dalam hak PI milik BUMD, justru akan mematikan hak perusahaan “pelat merah” tersebut. Karena tidak semua BUMD memiliki modal yang cukup.

"PI sepuluh persen merupakan terobosan bagus untuk meningkatkan kemandirian BUMD, sehingga tidak menjadi tunggangan pemodal melalui pengelolaan participating interest. Tetapi perlu diperhatikan, dengan tidak diperbolehkannya swasta untuk terlibat, harus dikaji lagi, mengingat tidak semua BUMD mempunyai modal cukup untuk bisa terlibat," ujar Mamit, di Jakarta, Kamis (9/4).

Selain modal, pemerintah juga harus memperhatikan, apakah BUMD memiliki tenaga ahli yang memadai dan kompeten untuk bisa terlibat sepenuhnya. Karena itu perlu adanya bantuan swasta.

“Pemerintah pusat bisa ikut menyeleksi swasta yang benar-benar kompeten dalam produksi migas untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Menurut Mamit, keterlibatan swasta dalam PI milik BUMD, setidaknya bisa mengurangi beban BUMD. Pasalnya industri hulu migas merupakan usaha padat modal, dan berisiko tinggi.

"Jika dilibatkan dalam participating interestBUMD, swasta bisa berkerja secara profesional dengan modal yang dimiliki. Swasta bisa membantu pemberdayaan BUMD daerah, transfer keahlian dan berkembangnya iklim investasi di daerah," kata dia.

Dengan melibatkan swasta dalam PI pengelolaan blok minyak dan gas bumi BUMD akan mendapatkan keuntungan penuh, sementara risiko ditanggung pihak swasta.

Berdasarkan data Badan Kerja Sama BUMD Seluruh Indonesia, dari 1.113 BUMD, hanya sekitar 40 persen yang masuk kategori BUMD sehat. Mayoritas BUMD dengan nilai aset mencapai Rp400 triliun, saat ini dalam kondisi stagnan atau tinggal papan nama. Dan mayoritas BUMD yang sehat tersebut berada di Jawa. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login