IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » BUMN Agregator Gas Berpotensi Monopoli Bisnis Gas

BUMN Agregator Gas Berpotensi Monopoli Bisnis Gas

Written By Indopetro portal on Thursday, 23 April 2015 | 13:51

Monopoli bisnis gas
indoPetroNews.com - Rencana pemerintah untuk membentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sepertinya harus dikaji lebih mendalam. Pasalnya, BUMN yang menjadi agregator berpotensi ditunggangi dan memanfaatkan posisi untuk memonopoli bisnis gas.

Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahaean mengatakan, selain menciptakan agregator pemerintah juga harus menghadirkan dewan pengawas. Agregator yang berasal dari BUMN dan dia termasuk pemain, dikhawatirkan munculnya praktik monopoli.

"Untuk menghindari (monopoli), diperlukan keberadaan dewan pengawas, agar sang agregator tidak meyimpang atau memiliki kekuasaan berlebih," ujar Ferdinand di Jakarta, Kamis (23/4).

Menurut Ferdinand, dewan pengawas tersebut harus dibentuk melalui Keputusan Presiden (Keppres) bukan melalui Surat Keputusan Menteri. Dewan ini bisa dibentuk dari berbagai institusi yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), PGN, dan Pertamina.

Sebelumnya, PT PGN Persero Tbk sudah menyatakan kesiapan jika ditunjuk sebagai agregator gas bumi. PGN mengklaim sudah puluhan tahun menjalankan fungsi sebagai agregator gas. Selama ini, PGN mendapatkan gas dari berbagai pemasok dan lokasi antara lain ConocoPhillips, Medco, Santos, dan Pertamina.

Sebagaimana diketahui, untuk memaksimalkan pemanfaatan gas di dalam negeri, pemerintah berencana membentuk agregator gas. Tugas agregator itu adalah sebagai pengaman cadangan gas bumi nasional, membeli gas bumi dalam negeri, baik dari fasilitas produksi gas maupun kilang gas alam cair (LNG) dan Elpiji, serta mengimpor LNG dan LPG.

Tugas lainnya adalah menjual gas bumi kepada konsumen dalam negeri untuk kebutuhan bahan baku pupuk, transportasi, rumah tangga, listrik, dan industri lainnya, serta membangun infrastruktur gas bumi.Epan
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login