IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » DEN : Rezim RUU Migas Bukan Komoditas Melainkan Rezim Energi

DEN : Rezim RUU Migas Bukan Komoditas Melainkan Rezim Energi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 15 April 2015 | 13:33

DEN Dewan Energi Nasional


indoPetroNews.com - Dewan Energi Nasional (DEN) menilai, hal utama yang harus dirubah pada Rancangan Undang-Undang (RUU) minyak dan gas bumi (Migas) adalah rezimnya, bukan lagi memandang Migas dari sudut pandang rezim komoditas, melainkan dari sudut pandang rezim energi.

"Kalau saya ditanya pendapat terkait RUU migas, dia harus berubah. Apanya? Rezimnya. Jadi bukan rezim komoditas tapi rezim energi karena di note DPR itu supaya mendukung ketahanan dan energi nasional, jadi dia harus dirubah ruh-nya. Jadi rezimnya rezim energi," kata anggota DEN Tumiran di Jakarta, Rabu (15/4).

Menurutnya, jika hal itu sudah disepakati, maka ke depan Migas tidak lagi menjadi perabotan negara yang dieskpor namun harus menjadi modal pembangunan negara.

"Jadi kalau rezim energi maka mengaculah pada UU energi, mengacu pada kebijakan energi nasional yang sudah menjadi PP. Karena kita targetkan bahwa Migas tidak jadi perabotan negara ekspor tetapi harus jadi modal pembangunan," ujarnya.

Terkait pembentukan BUMN Khusus seperti yang tercantum di draft RUU Migas, Tumiran menjelaskan bahwa menentukan rezim jauh lebih utama ketimbang mengedepankan pembentukan-pembentukan BUMN Khusus.

"Sekarang yang harus dibuat dalam ruu migas kalau dia rezimnya itu rezim energi, maka untuk mendukung ketahanan energi adalah bagaimana skenario memanfaatkan migas, baru turunkanlah pasal pasal untuk menurunkan itu, kemudian untuk operasional bagaimana mendukung operasional, apakah perlu BUMN khusus dan lain-lain? Itu adalah dibuatkan satu instrumen untuk mendukung ke sana, jadi kita gabisa langsung ini ada BUMN khusus, itu adalah pelaksana untuk mendukung supaya migas itu betul-betul bisa mendukung ketahanan energi nasional dan dia rezimnya berubah menjadi rezim energi," ungkap dia. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login