IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » DEN : Sistem PSC Dihapuskan, agar Pemerintah bisa Intervensi Blok Migas

DEN : Sistem PSC Dihapuskan, agar Pemerintah bisa Intervensi Blok Migas

Written By Indopetro portal on Saturday, 4 April 2015 | 21:32

indoPetroNews.com - Dewan Energi Nasional (DEN) mengimbau agar dalam revisi UU Migas nanti, sistem kontrak Production Sharing Contract (PSC) dihapuskan. Pasalnya dalam sistem tersebut, tidak ada kemungkinan intervensi pemerintah saat menjelang kontrak berakhir.

Anggota DEN, Andang Bachtiar, mengatakan intervensi pemerintah di masa berakhir kontrak sangat diperlukan, karena berkaitan dengan produksi migas di blok yang akan berakhirnya kontrak tersebut. Dengan adanya intervensi, pemerintah bisa memberikan ruang untuk masa transisi bagi pengelola baru. "Ini terjadi di Blok Mahakam, tidak ada intervensi sehingga terjadi tawar menawar," kata Andang, di Jakarta, Kamis (2/4).

Merujuk pada blok yang akan berakhir kontraknya pada 2017 tersebut. Rencananya, blok yang kini dikelola Total E&P Indonesie tersebut akan diserahkan ke Pertamina dan BUMN migas itu memerlukan masa transisi sebelum kontrak Total habis.

Menurut Andang, kasus Blok Mahakam menjadi pelajaran berharga, pasalnya usaha hulu merupakan bisnis mahal dan jangka panjang, artinya investasi saat ini tidak bisa langsung dinikmati. Maka dari itu diperlukan masa transisi.

Sebagaimana diketahui, hingga tahun 2020, ada 29 kontrak yang akan berakhir. Jika semua tidak ada intervensi dan melakukan mekanisme penawaran, menurut Andang, akan merugikan negara. "Sistem PSC harus diubah segera," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan bahwa masa transisi Pertamina di Blok Mahakam tidak terkendala kontrak Total E&P Indonesie. Namun, untuk bisa masuk ke Blok Mahakam sebelum 2017, Pertamina bersama Total EP perlu melakukan pembicaraan.

Pemerintah pun memberi tenggang waktu dua minggu agar segera ada keputusan dari pembicaraan Pertamina dengan Total EP terkait masa transisi yang akan disepakati kedua belah pihak. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login