IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » DPR : Usul 20 Persen PI Blok Mahakam Untuk Pemda

DPR : Usul 20 Persen PI Blok Mahakam Untuk Pemda

Written By Indopetro portal on Thursday, 23 April 2015 | 14:39

Blok mahakam total
indoPetroNews.com - Anggota Komisi VII DPR RI, Dito Ganundito mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memberikan 10 sampai 20 persen kepemilikan saham/perticipating interest (PI) Blok Mahakam kepada Pemerintah Daerah.

"Saya mengusulkan 10 sampai 20 persen PI untuk pemerintah daerah," ujar Dito politisi Fraksi Golkar di Jakarta, Kamis (23/4).

Usulan tersebut, kata Dito, menyikapi aspirasi masyarakat daerah yang menginginkan pengelolaan Blok Mahakam yang berakhir pada 2017. Menurutnya, pembagian kepemilikan saham ini bisa juga dilakukan dengan model swap.

Sebagai informasi Currency Swap atau sering disebut Swap adalah suatu transaksi / kontrak untuk membeli atau menjual valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada tanggal valuta tertentu, sekaligus dengan perjanjian untuk menjual atau membeli kembali pada tanggal valuta berbeda di masa yang akan datang, dengan harga yang ditentukan pada tanggal kontrak. Kedua transaksi tersebut dilaksanakan sekaligus dan dengan counterparty yang sama.

Transaksi swap dapat dilakukan untuk jangka waktu 1 minggu sampai dengan 1 tahun.Tujuan transaksi swap adalah untuk memenuhi kebutuhan akan mata uang lokal sekaligus pembayaran hutang dalam mata uang asing

"Pertamina maksimum harus mendapatkan dari bisnis tersebut," ujar Dito.

Dia juga menegaskan, bahwa urusan PI bukan menjadi urusan Pertamina, melainkan pemerintah. "Kalau PI memang harus pemerintah, bukan Pertamina," tuturnya.

Seperti diketahui, Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faruk meminta bagian 19 persen kepemilikan saham atas Blok Mahakam.Epan
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login