IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Format Keuangan SKK Migas Akan Dibentuk Seperti BLU

Format Keuangan SKK Migas Akan Dibentuk Seperti BLU

Written By Indopetro portal on Friday, 10 April 2015 | 15:06

indoPetroNews.com - Diketahui dalam klausul revisi UU Migas, peran SKK Migas dan Pertamina nantinya akan dibagi dua. Jika SKK Migas akan fokus pada blok baru, sementara Pertamina akan fokus pada blok migas yang punya nilai ekonomis dan minim resiko. Hanya yang membedakan cuma pada pembagian wilayah kerja.

Direktur Pengusahaan Hulu Migas Kementerian ESDM, Naryanto Wagimin, berpendapat meski demikian, bukan tidak mungkin akan terjadi kendala dalam pelaksanaan BUMN Khusus itu. Kendalanya adalah format keuangan lembaga itu ke depan.

Beberapa waktu lalu Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengaku tengah mengkaji format keuangan yang akan diberlakukan untuk SKK Migas ke depan. Dari bahasannya, muncul opsi kalau keuangan SKK Migas akan dibentuk layaknya Badan Layanan Umum (BLU) atau bahkan Block Grant.

Kendala berikutnya adalah pembagian tugas pokok dan lini bisnis dengan PT Pertamina (Persero).
 "Bisa jadi pesaing Pertamina tapi itu yang belum kita tahu detail. Di samping apakah subyek hukum lembaganya akan seperti apa. Apakah kami tunduk pada UU Perseroan atau UU BUMN," ujarnya.

Sementara, Board of Director Indonesia Petroleum Association (IPA) Sammy Hamzah mengatakan, perubahan status SKK Migas jadi BUMN Khusus seperti format PT Pertamina (Persero) selagi masih mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1971 tentang Perusahaan Pertambangan, Minyak dan Gas Bumi.

“Hak untuk pengelolaan mineral itu harusnya ada di tangan pemerintah. Jadi ini (akan) dipertanyakan Mahkamah Konstitusi (MK) karena nantinya hak ada di tangan badan usaha. Ini yang jadi permasalahan," ujar Sammy.

Sammy pun menilai pembagian wewenang antara Pertamina dengan BUMN Khusus harus ditinjau lagi untuk menarik investasi di sektor hulu migas. “Kontraktor pada dasarnya ingin kejelasan jangan sampai ini kemudian jadi masalah di MK," katanya. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login