IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Formula Kenaikan BBM Mandul, ESDM Cari Formula Baru

Formula Kenaikan BBM Mandul, ESDM Cari Formula Baru

Written By Indopetro portal on Monday, 13 April 2015 | 14:14

indoPetroNews.com - Lagi-lagi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mencari dan membahas formula baru terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Sementara, skema dan formula lama yaitu kenaikan harga BBM yang di umumkan sebulan sekali dianggap belum pas alias masih mandul.


Menteri ESDM, Sudirman Said menjelaskan saat ini masih berkoordinasi dengan Menteri Keuangan, Bambang Brojonegoro dan Kementerian Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil guna membahas evaluasi dan menentukan skema yang baru.


"Kita tetap melihat seperti apa nanti, karena pemerintah belum memutuskan mengenai perubahan harga itu, masih koordinasi dengan Menkeu, Mendag dan Kemenko, dan kita lihat nanti perkembangannya, kita masih mencari formula yang tidak merepotkan masyarakat," kata Sudirman Said, di kantor ESDM, Jakarta Pusat, Senin (13/4).

Sebelumnya, Pemerintah dan Komisi VII DPR RI menyetujui rancangan kenaikan harga BBM bersubsidi yaitu sebulan sekali, khusus untuk BBM jenis solar akan disubsidi karena tidak mengikuti harga pasar, sementara jenis premium yang tidak disubsidi masih mengikuti harga pasar dengan melihat kenaikan harga minyak mentah.

Sementara, Plt. Dirjen Migas Kementerian ESDM menjelaskan saat ini sedang melakukan evaluasi terkait skema kenaikan harga BBM bersubsidi, skema ini, katanya akan diumumkan dalam waktu dekat ini. "Sedang di evaluasi dan jika hasilnya sudah ada, maka akan disampaikan, dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Saat ini harga BBM Bersubsidi jenis solar tidak mengikuti harga pasar yaitu Rp6.900 perliternya sehingga ada disparitas harga yang disubsidi oleh pemerintah melalui dana APBN. Sementara BBM jenis premium Rp7.300 perliternya di wilayah pulau Jawa dan sekitarnya dan Rp 7.400 perliternya untuk luar pulau jawa. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login