IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Kebutuhan Gas Domestik Meningkat, Pemerintah Berencana Untuk Impor

Kebutuhan Gas Domestik Meningkat, Pemerintah Berencana Untuk Impor

Written By Indopetro portal on Thursday, 9 April 2015 | 14:32

Gas domestik
indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melempar wacana kemungkinan mengimpor gas, guna memenuhi kebutuhan domestik. Pasalnya, pasokan gas dari dalam negeri tidak mencukupi.

Ketua Unit Pengendalian Kinerja Kementerian ESDM, Widyawan Prawiraatmaja, mengatakan selain kalangan industri, ke depan sektor kelistrikan juga akan membutuhkan gas cukup besar. Karena, kata dia, dari target pengadaan listrik 35 ribu MW, 11 ribu hingga 12 ribu MW di antaranya akan menggunakan gas.

"Dari 35 ribu MW, sekitar 11 ribu-12 ribu MW akan menggunakan gas, atau diperkirakan membutuhkan gas sebanyak 1,2 mmscfd," ujar Widyawan, disela acara seminar 'mencari energi murah untuk memenuhi kebutuhan industri nasional', di Menara Batavia, Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta, Kamis (9/4).

Dengan meningkatnya jumlah pengguna gas, kemungkinan pemerintah akan melakukan impor. Namun, saat ini kebijakan tersebut masih sebatas wacana, sambil melihat kondisi di masa mendatang.

Sebagaimana diketahui, saat ini lifting gas bumi baru mencapai 7 miliar mmscfd. Dan sebagian sudah dialokasikan untuk domesik sebesar 55 persen, sedangkan sisanya diekspor. Dari 55 persen tersebut, 1,3 persen sudah dialokasikan untuk listrik.

"Sekitar 1,3 persen sudah dipakai untuk listrik, bagaimana untuk umum atau industri? Sumbernya harus datang dari impor," katanya. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login