IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kementerian ESDM Usulkan APBN 2016 Sebesar Rp.25 Triliun

Kementerian ESDM Usulkan APBN 2016 Sebesar Rp.25 Triliun

Written By kusairi kusairi on Friday, 17 April 2015 | 19:09

indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp25 triliun.

Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, saat ini Kementerian ESDM mendapatkan alokasi dana Rp15 triliun dalam APBN-P 2015. Dia menegaskan, dirinya akan memperjuangkan agar besaran anggaran tersebut disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Kami mengusulkan alokasi APBN Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp25 triliun," ujar Sudirman dalam jumpa pers di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (17/4).

Sudirman menjelaskan, besaran anggaran tersebut di antaranya Rp10 triliun untuk pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT). "Memang akan terjadi lompatan besar. Porsi EBT sangat besar sekali yaitu Rp10 triliun," katanya.

"Kalau perlu membiayai BUMN untuk investasi di sektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Ini menjawab soal politik anggaran. Kenapa berani mengajukan begitu besar. Karena DPR juga memberikan masukan untuk pengembangan EBTKE," ungkapnya.

Dia menambahkan, dari Rp10 triliun, Rp1 triliun akan digunakan untuk kampanye energi baru dan terbarukan. Sebagai bentuk keseriusan untuk mengembangkan EBTKE, lanjut Sudirman, Kementerian ESDM juga akan merancang (yang sudah dibicarakan dengan Kementerian PAN) untuk membentuk kelembagaan baru di ESDM, khususnya Direktorat Konservasi Energi.

"Kita ingin mempercepat kemandirian energi berbasis lokal. Inilah bentuk perubahan mendasar," ujarnya.EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login