IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Kewajiban TKDN Masuk dalam Salah Satu RUU Migas

Kewajiban TKDN Masuk dalam Salah Satu RUU Migas

Written By Indopetro portal on Thursday, 16 April 2015 | 21:02

Amien Sunaryadi SKK Migas SCM
indoPetroNews.com - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi sangat optimis peningkatan kapasitas dan kapabilitas industri migas akan lebih baik kedepan.

Ia menemukan formula agar industri migas nasional berjalan dengan baik. Salah satunya mengutamakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Pasalnya hal tersebut sejalan dengan instruksi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terkait penggunaan produk buatan industri penunjang dalam negeri bagi pelaku usaha industri migas.

Bahkan, kewajiban itu akan tercantum dalam draf revisi Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.


"Peningkatan kapasitas dan kapabilitas nasional sesungguhnya tidak lain merupakan penerapan kebijakan TKDN dalam arti luas," ujar Amin, saat pidato penutupan acara Indonesia Supply Chain Management (SCM) Summit 2015, di Jakarta, Kamis (16/4).

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini menilai bahwa kebijakan TKDN tidak hanya untuk mencapai target atau persentase tertentu, pengadaan barang/jasa dan tenaga kerja nasional, melainkan juga akan menjadi nilai tambah dalam negeri.

"TKDN itu sejalan dengan triple track program pembangunan nasional yang pro growth, pro job, dan pro poor," tegas Amien.

Amin berharap dampak kebijakan TKDN ke depan, harus dirasakan dalam pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, kemampuan industri domestik dan infrastruktur, kemampuan IPTEK nasional, dan kemakmuran komunitas lokal di wilayah operasi migas. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login