IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Kilang Balongan, Sumur Migas Indonesia Termuda

Kilang Balongan, Sumur Migas Indonesia Termuda

Written By kusairi kusairi on Friday, 17 April 2015 | 17:15

indoPetroNews.com - Sumur minyak dan gas di Indonesia sudah terlalu tua. Saking tuanya, hasil produksi minyak pun terbatas dan tidak sejalan dengan energi bersih.

Oleh karena itu Pertamina berencana menghapus Premium menjadi Pertalite. Salah satunya premium dengan RON 88, yang sudah tidak dipakai oleh banyak negara.

"Usia sumur ada yang 30 tahun, 40 tahun, paling muda itu kilang Balongan,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, di Jakarta, Jumat (17/4).

Usia sumur yang tua membuat Indonesia tidak bisa memproduksi RON di atas 90. "Mungkin Balongan bisa. Tapi ada di mana-mana. Akibatnya Pertamina mengimpor RON yang oktan lebih tinggi‎ dia campur dengan oktan lebih rendah akhirnya jadilah RON 88," ujarnya.

Diakui Sudirman, tujuan pemerintah ke depan memang akan menghilangkan premium RON 88, karena sudah tidak bagus bagi lingkungan. Walaupun, pernah digunakan timbal untuk meningkatkan kadar oktan, tetapi saat ini sudah dilarang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

"Tapi oktan kita masih rendah sekali. Sekarang ini, apapun premium ataupun minyak RON nonsubsidi apa saja bisa dia jual. Makin tinggi oktan makin bagus, bagi lingkungan, bagi mobil, dan lain-lain," tukasnya.EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login