IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » LC Dihapus Keuntungan Bagi Pelaku Ekspor Impor Migas

LC Dihapus Keuntungan Bagi Pelaku Ekspor Impor Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 1 April 2015 | 15:07

Letter of Credit
indoPetroNews.com - Para pelaku ekspor minyak dan gas (Migas), akhirnya tidak perlu repot-repot menyiapkan letter of credit (LC). Dan sudah dapat dipastikan kalau ke depan industri migas akan berjalan seperti biasa.

Pengamat energi, Marwan Batubara mengungkapkan bahwa diperbolehkannya ekspor minyak dan gas bumi tanpa letter of credit (LC) menjadi indikasi yang baik bagi industri migas dalam negeri.

Menurut Marwan, selama ini proses LC dinilai tidak praktis karena prosesnya yang berkepanjangan. "Ini bisa menjadi insentif sendiri. LC itu administrasi dan prosesnya ribet sehingga membuat orang menjadi males." ungkap Marwan kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (1/4).

Marwan menjelaskan, LC akan lebih menguntungkan pihak asing ketimbang lokal. Hal itu disebabkan, mayoritas bank-bank penerima LC bukan bank nasional. "Melainkan bank asing dan merekalah yang menikmati uangnya," ujarnya.

Marwan juga menambahkan, pencatatatan devisa dapat lebih dioptimalkan jika semua instansi terkait seperti Bea Cukai menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab, bisa saja terjadi penyelundupan sehingga angka tersebut tidak tercatat Bea Cukai. “Data ekspor impor seharusnya adalah data real yang bisa dipercaya.” tambah Marwan. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login