IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pertalite Dikhawatirkan Menambah Impor BBM di Indonesia

Pertalite Dikhawatirkan Menambah Impor BBM di Indonesia

Written By Indopetro portal on Wednesday, 22 April 2015 | 11:10

indoPetroNews.com - Pemerintah disarankan untuk membuat kajian lebih mendalam soal bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dengan jenis Research Octane Number (RON) 90. Pasalnya pemakaian Pertalite dikhawatirkan akan menambah impor minyak Indonesia.

“Harus dikaji lagi karena khawatir jika Pertalite bisa menambah impor minyak Indonesia mengingat kilang dalam negeri belum bisa membuat RON 88 ke RON 90,” kata anggota Komisi VII, Satya Widya Yudha kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/4).

Menurutnya, meski pemerintah berkilah bahwa perubahan RON itu hanya menambah zat adiktif saja tapi penyesuaian teknis seperti pembaharuan kilang harus tetap dilakukan.

Satya juga mengingatkan agar mekanisme harga tidak boleh dilepas dalam mekanisme pasar karena cenderung akan merugikan masyarakat. “Sesuai amanah konstitusi, negara harus mengendalikan kebutuhan pokok masyarakat. Itu kewajiban pokok negara, “ kata Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) ini.

Dia juga mengingatkan pemerintah hendaknya melakukan sosialisasi yang cukup soal rencana ini. Senada dengan itu, aktivis antikorupsi dan kritikus kebijakan keuangan pemerintah, Uchok Sky Khadafi mengatakan bahwa soal kebijakan Pertalite, pemerintah harus bisa menjelaskan di kilang mana saja pengolahan Pertalite dilakukan. “Jika tidak, tiba-tiba kita mendapati impor Indonesia naik,” ujarnya.

Dia mencontohkan jenis Pertamax di proses di kilang Plaju dan Balongan. “Jadi Pertalite harus bisa dijelaskan dibuat di mana saja. Jangan hanya bisa bilang Premium diganti Pertalite tanpa bisa membuktikan,” kata Uchok. Jika ini terjadi, menurutnya sama saja dengan memasukkan mafia baru.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan kandungan oktan 90 yang diberi nama Pertalite. Varian BBM yang kini tengah dalam masa pengujian itu diharapkan bisa memberikan alternatif pilihan BBM dengan kualitas lebih baik kepada masyarakat, meski dengan harga lebih mahal. EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login