IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Campur Solar Dengan Air

Pertamina Campur Solar Dengan Air

Written By Indopetro portal on Friday, 24 April 2015 | 18:45

solar emulsion
indoPetroNews.com - Berbagai uji coba dilakukan PT Pertamina (Persero) terkait menambah cadangan minyak di Indonesia. kali ini pihak Pertamina sedang melakukan uji coba bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dengan kandungan air murni 10 persen.

Bussines Initiatives Manager Pertamina Korporat, Bayu Kristanto mengatakan rencana Pertamina tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan mesin genset. "Target utama untuk genset. Untuk kendaraan, sedang uji di truk tangki Pertamina, setelah itu baru kapal," kata Bayu, di Jakarta, Jumat (24/4).

Agar Solar dan air bisa menyatu, lanjut Bayu, BBM solar akan ditambahkan campuran fatty acid (asam lemak) yang berasal dari minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO). Saat ini, produk BBM tersebut sedang dalam tes uji owned used.

"Jadi nantinya 75% Solar murni, dicampir 15% fatty acid, dan 10% air. Tapi ini masih dalam tahap uji coba. Doakan berhasil, sehingga ketergantungan negeri ini terhadap minyak bumi bisa makin berkurang, berapa pun jumlahnya," papar Bayu.

Bayu mengaku jika uji coba solar dengan air sudah pernah dilakukan dan berhasil. "Kita sudah tes, 5% campuran air sudah berhasil. Kita sedang menuju campuran 10% air," katanya.

Menurut Bayu, walau sudah berhasil dalam uji coba, tetapi masih butuh proses untuk menjualnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). BBM tersebut harus melalui uji lapangan, lolos uji Lemigas Kementerian ESDM, dan ke produsen kendaraan bermotor. "Prosesnya hampir sama lah ketika kita mau meluncurkan Pertalite," ujarnya.

Diketahui produk tersebut akan diluncurkan pertengahan tahun ini. Dan untuk awalnya, Pertamina akan produksi 1 juta liter per hari.Epan
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login