IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pertamina Catat Laba Bersih US $28 Juta Pada Kuartal 1

Pertamina Catat Laba Bersih US $28 Juta Pada Kuartal 1

Written By Indopetro portal on Wednesday, 29 April 2015 | 21:30

Pertamina kuartal 2015
indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) tetap membukukan kinerja positif dengan laba bersih sebesar US$28 juta selama kuartal 1/2015 kendati industri minyak dan gas bumi tengah lesu karena rendahnya harga minyak mentah.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan kondisi keuangan perusahaan dalam periode tiga bulan pertama 2015 terus menguat. Pendapatan perusahaan tercatat sebesar US$10,67 miliar, dengan EBITDA US$1,25 miliar dan laba bersih US$28 juta.

"Rendahnya harga minyak mentah dunia seperti saat ini sungguh menantang dan memerlukan kerja keras untuk mengatasinya. Alhamdulillah, dengan tekad kuat untuk melakukan usaha terbaik, Pertamina berhasil membukukan kinerja positif dengan tren terus menguat," kata dia dalam konferensi pers di Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Rabu (29/4).

Pertamina mencatat produksi minyak sebesar 248,4 MBOPD dan 1,63 BSFD dalam kuartal 1/2015. Produksi tersebut diharapkan akan meningkat seiring dengan peningkatan produksi minyak dari Blok Cepu, di mana Pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina EP Cepu menguasai hak partisipasi sebesar 45 persen.

Sementara itu, kinerja bisnis transportasi dan niaga gas juga menunjukkan tren meningkat. Transportasi gas perusahaan mencapai 1.414 MMscfd, sedangkan niaga gas 114,5 MMscfd, yang utamanya dipicu oleh beroperasinya fasilitas regasifikasi Arun dan pipa transmisi Arun-Belawan.

Kemudian pada lini bisnis sektor hilir minyak, kinerja tercatat positif dengan sokongan utama pada pertumbuhan penjualan BBM non subsidi dan juga pelumas Pertamina. Penyelesaian proyek Residual Fuel Catalytic Cracker Cilacap serta upgrading unit produksi pelumas pada kuartal 3/2015 diharapkan mendorong penjualan produk minyak non subsidi terus meningkat.

Dwi menambahkan, selain kinerja positif operasi perusahaan, Pertamina juga sukses melakukan efisiensi dengan nilai total sebesar US$95,95 juta. Efisiensi tersebut diperoleh dari renegosiasi kontrak pengadaan minyak sebesar US$27 juta, pengurangan cost fee dan alpha import pasca perubahan proses pengadaan minyak dan produk minyak senilai US$22 juta, serta optimalisasi aset penunjang senilai US$0,154 juta. "Adapun, efisiensi yang diperoleh dari program marketing operation excellence mencapai US$46,89 juta," kata Dwi.Epan/Aldi
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login