IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Naikkan Harga BBM dan LPG Diam-diam agar Tidak Ada Penimbun?

Pertamina Naikkan Harga BBM dan LPG Diam-diam agar Tidak Ada Penimbun?

Written By Indopetro portal on Saturday, 4 April 2015 | 22:02

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) mengaku sudah memberi tahu pemerintah soal kenaikan harga LPG non subsidi 12 kilogram. Sebelum harga baru diberlakukan, Pertamina hanya wajib melaporkan ke pemerintah.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Sutjipto, mengatakan bahwa setelah memberikan laporan kepada pemerintah, Pertamina langsung menaikkan harga. Ini dilakukan agar tidak terjadi penimbunan ketika masyarakat tahu ada kenaikan harga LPG. "Kalau naik itu sebaiknya dilakukan sesegera mungkin dari informasi, kalau tidak orang akan menimbun," ujar Dwi di Jakarta, kemarin.

Menurut Dwi, kenaikan sudah semestinya dilakukan, karena harga minyak dunia sudah mulai naik. Jika tidak, Pertamina akan menanggung kerugian yang cukup besar. "Kita harus menyampaikan posisi itu (rugi)," jelasnya.

Diketahui, banyak kalangan menilai Pertamina menaikkan harga LPG 12 Kg secara diam-diam. Kenaikan tersebut sebesar Rp8 ribu per tabung. Dengan kenaikan ini, harga LPG 12 kg yang awalnya Rp134.000 per tabung menjadi Rp142.000 per tabung.

Sebelumnya, Pengamat Kebijakan Energi, Sofyano Zakaria menilai langkah Pertamina sebagai hal yang wajar, karena LPG 12 Kg tersebut mengikuti harga pasar, atau menjadi kewenangan badan usaha niaga LPG. Berbeda dengan LPG 3 Kg yang disubsidi oleh pemerintah, sehingga harganya ditentukan oleh pemerintah. EHS

Menurutnya, harga jual LPG non subsidi sepantasnya berada pada kisaran Rp.13.000/kg atau dikisaran Rp.150.000/tabung 12kg. Namun karena LPG 12Kg bukanlah LPG bersubsidi maka penetapan harganya sama dengan harga minyak goreng, gula, atau beras yang harganya mengacu ke harga pasar.

"Penaikan harganya juga tidak memerlukan sosialisasi dari pelakunya. Inilah yang seharusnya disikapi oleh Pemerintah," ujar Sofyano yang juga Sekjen Assosiasi Penyalur Bahan Bakar Minyak Indonesia (APBBMI) tersebut. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login