IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Siapkan Opsi Gandeng Total E&P Masuk Delta Mahakam Sebelum 2017

Pertamina Siapkan Opsi Gandeng Total E&P Masuk Delta Mahakam Sebelum 2017

Written By Indopetro portal on Saturday, 4 April 2015 | 21:39

indoPetroNews.com - Proses negosiasi atau masa transisi pengolahan Blok Mahakam, Kalimantan Timur, diketahui sampai saat ini masih alot. Beberapa kalangan mengatakan hal tersebut dikarenakan dalam kontrak kerja sama atau production sharing contract (PSC), antara Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation dengan pemerintah, tidak mengatur adanya masa peralihan sebelum kontrak yang akan berakhir pada 2017 mendatang.

"Belum ada keputusan, karena PSC tidak mengatur itu. Jadi lebih ke willingness (kerelaan) Total," kata Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam, di Jakarta, Kamis (2/4).

Proses tawar-menawar mengenai masa peralihan dalam pengelolaan Blok Mahakam belum selesai. PT Pertamina (Persero) menyiapkan opsi untuk menggandeng Total E&P Indonesie dalam mengelola blok minyak dan gas (migas) di delta Sungai Mahakam tersebut.

Syaratnya, Total memberikan masa transisi sebelum kontrak pengelolaan berakhir pada 2017. Kemudian setelah 2017, Total akan turut menjadi operator. "Salah satu opsinya seperti itu (menggandeng Total)," ucap Syamsu Alam.

Namun sampai saat ini, dia mengatakan, belum ada pembicaraan mengenai berapa persen saham yang akan didapatkan Total setelah kontrak berakhir. Pertamina mengaku belum menerima permohonan dari pihak Total. "Kami belum terima, mungkin mereka (Total) mintanya ke (Kementerian) ESDM," ujar Syamsu.

Pertamina sebenarnya menginginkan agar masa transisi tersebut dilakukan sebelum kontrak berakhir di 2017. Dengan demikian, pada awal Januari 2018 Pertamina sudah bisa beroperasi penuh di Blok Mahakam. (Eh.Siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login