IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Petral Dibubarkan, DPR Mengaminkan

Petral Dibubarkan, DPR Mengaminkan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 22 April 2015 | 22:27

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) tahun ini berencana membubarkan Pertamina Energy Trading Ltd (Petral), anak usaha PT Pertamina (persero) yang bermarkas di Singapura dan dialihkan kepada anak perusahaan Pertamina Energy Services (PES).

Direktur Utama Pertamina Dwi Sucipto menyebut, pembubaran itu dilakukan setelah dilakukan evaluasi atas kemanfaatan dari keberadaan Petral. Terutama saat ini, fungsi Petral sudah tidak lagi menyuplai kebutuhan minyak bagi Pertamina seiring dengan rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas.

"Peran dan fungsi Petral akan dialihkan ke PT Pertamina Energy Services (PES) yang saat ini juga berkantor di Singapura,"sebut  Dwi, di Jakarta, Rabu (22/4).

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, jika keputusan perihal pembubaran Petral ada di tangan Pertamina dan Kementerian BUMN selaku pemegang saham.

Niat Pertamina tersebut diaminkan oleh Anggota Komisi VII DPR-RI, Bowo Sidik Pangarso. anggota DPR dari Fraksi Partai berlambang pohon beringin ini mengatakan selama ini Petral merupakan biang kerok mahalnya harga BBM di Indonesia. Dengan ditutupnya Petral, lanjut Bowo, maka akan lebih menghemat biaya yang dikeluarkan Pertamina, dalam membeli impor minyak.

"Petral dihilangkan harga akan turun, kita beli pihak pertama maka akan lebih baik dari pada melalui perantara pihak kedua," ungkap pria yang dipilih dari Daerah Pemilihan Jateng II.



Menurut Bowo, sebaiknya pembelian minyak secara impor melalui kilang langsung diambil alih oleh Pertamina. Sehingga, tidak terdapat pemain-pemain yang mengambil keuntungan dari proses transaksi Pertamina dalam memasok minyak di tanah air.



"Tugas fungsi petral selama ini untuk pengadaan minyak seharusnya diambil alih oleh Pertamina saja. Karena bila melalui anak usaha, biasanya berpotensi untuk melibatkan para pemain-pemain yang mencari keuntungan," tegasnya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login