IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Petral Dibubarkan, Tata Kelola Migas Akan Mandiri

Petral Dibubarkan, Tata Kelola Migas Akan Mandiri

Written By Indopetro portal on Friday, 24 April 2015 | 14:19

Pembubaran petral
indoPetroNews.com - Anggota Komisi VII DPR Fraksi NasDem, Kurtubi mendukung pembubaran Pertamina Energy Trading Limited (Petral) yang merupakan unit usaha PT Pertamina (Persero). Pembubaran Petral dianggap akan membenahi sistem importasi produk bahan bakar minyak (BBM).

"Saya rasa sistem importasi migas kita akan lebih bagus dan efisien, karena negeri ini sudah kadung karena tata kelola yang salah, kita ini jadi importir terbesar di Asia. Kebutuhan BBM ini juga terkait dengan APBN," kata Kurtubi, di Jakarta, Jumat (24/4).

Kurtubi beranggapan jika cara importasi yang paling efisien adalah langsung beli ke produsen. Pembelian langsung ke produsen tanpa ada satu pun tender ke Singapur ini juga termasuk BBM serta pembelian langsung ke kilang minyak.
Selama ini Indonesia sangat tergantung dengan impor minyak mentah dan BBM impor. Oleh karena itu, Indonesia harus mulai mandiri dalam pengelolaan migas.

"Begini, kondisi obyektif kita sangat tergantung dengan minyak mentah dan BBM impor. Kenapa BBM harus tergantung dari luar?" bebernya.

"Seharusnya kita bangun kilang baru. Lokasinya cuma perhatikan masalah nasional dan efisiensi distribusi ongkos BBM-nya. Seperti di Indonesia timur, pasokan BBM tergantung dari Balikpapan, sehingga ongkos angkutnya mahal. Untuk itu disarankan dibuat kilang minyak di Lombok. Nantinya bisa menghemat ongkos kirim BBM," ujar Kurtubi.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menyambut baik saran dari Kurtubi. Dia pun mengharapkan dukungan serius dari pemerintah.

"Pertamina kan tak bisa bergerak sendiri, 80 persen dipengaruhi. Kalau lahan yang akan digunakan sebagai tempat kilang tidak aman akan jadi hambatan. Pertamina juga butuh dukungan pemerintah," ujar Wianda.Epan
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login