IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Proyek Listrik 35.000 MW Dilakukan Dengan Mekanisme Penunjukan Langsung

Proyek Listrik 35.000 MW Dilakukan Dengan Mekanisme Penunjukan Langsung

Written By Indopetro portal on Thursday, 23 April 2015 | 19:05

Listrik 35 wat
indoPetroNews.com - Unit Pelaksana Program Pembangunan Ketenagalistrikan Nasional (UP3KN) menyatakan penunjukan langsung dalam proyek ketenagalistrikan nasional 35.000 megawatt (MW), tidak boleh diberikan kepada pihak yang tidak memiliki kemampuan teknis dan finansial.



Anggota UP3KN, Agung Wicaksono mengatakan penunjukkan langsung mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No 23 Tahun 2014 sebagai pembaruan dari PP No 14 Tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik. Mengacu pada Pasal 25 Ayat 4 dari PP tersebut menyatakan beberapa pembelian tenaga listrik dapat dilakukan melalui mekanisme penunjukan langsung.

"Pembelian tenaga listrik termaksud antara lain berupa penambahan kapasitas pembangkitan pada pusat pembangkit tenaga listrik yang telah beroperasi di lokasi sama, dan pembelian tenaga listrik yang dilakukan dari pembangkit tenaga listrik berenergi terbarukan, gas marjinal, batu bara di mulut tambang, dan energi setempat lainnya," kata Agung dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (23/4).

Agung menuturkan, sejumlah upaya telah disiapkan dengan mengacu pada persyaratan yang ketat sebagaimana diatur pada Peraturan Menteri ESDM No 3 Tahun 2015. Salah satu upaya itu berupa pelaksanaan proses uji tuntas (due diligence) atas kemampuan teknis dan finansial pihak bersangkutan. "Uji tuntas dapat dilakukan oleh pihak procurement agency independen," jelasnya.

Dikatakan, program 35.000 MW merupakan program strategis Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Belajar dari pengalaman pengadaan pembangkit listrik sebelum-sebelumnya, dibutuhkan waktu yang panjang untuk sampai pada kontrak jual-beli tenaga listrik. Oleh karena itu, Pemerintah melakukan upaya percepatan melalui penerbitan Permen ESDM 3/2015. Regulasi mengenai Prosedur Pembelian Tenaga Listrik dan Harga Patokan Pembelian Tenaga Listrik dari PLTU Mulut Tambang, PLTU Batu Bara, PLTG/PLTMG, dan PLTA oleh PLN melalui Pemilihan Langsung serta Penunjukan Langsung itu mengacu pada PP 23/2014.

Sebanyak 109 pembangkit listrik akan dibangun dalam Progam 35.000 MW. Adapun rinciannya, 35 proyek digarap oleh PLN dengan kapasitas total 10.681 MW dan 74 proyek oleh swasta atau independent power producer (IPP) berkapasitas total 25.904 MW.Epan Hs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login