IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Rida Mulyana : PLTN Beroperasi Pada 2019 dengan Kapasitas 10MW

Rida Mulyana : PLTN Beroperasi Pada 2019 dengan Kapasitas 10MW

Written By kusairi kusairi on Tuesday, 7 April 2015 | 13:13

indoPetroNews.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), berencana menyelesaikan proyek uji coba reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Proyek tersebut akan dibangun pada 2016 dan ditargetkan mulai bisa beroperasi pada 2019 atau 2020, dengan kapasitas 10 Mw.

Direktorat Jenderal EBTKE, Rida Mulyana mengaku pihaknya tengah mempersiapkan pemanfaatan energi nuklir. Dan untuk menyusun persiapan tersebut, pemerintah menunjuk Badan Tenaga Atom Nasional (Batan).

Rida Mulyana, mengatakan lembaga pemerintah non departemen tersebut saat ini tengah mengajukan beberapa perizinan untuk memulai proyek uji coba pembangunan reaktor PLTN. Proyek uji coba tersebut dilakukan di Serpong, Banten.

"Sudah mulai, diserahkan ke Batan. Saat ini sedang mengurusi perizinan dan perancangan pembangunan fisik," ujar Rida di Jakarta, Selasa (7/4).

Dijelaskannya, saat ini pemerintah telah memiliki beberapa lokasi untuk pembangunan PLTN, seperti di Bangka Belitung dan lainnya. Bahkan, untuk di Bangka Belitung, sudah ada investor asal China yang tertarik mengembangkan PLTN dengan kapasitas 5x1.000 Mw.

"Lokasi pembangunan PLTN rencananya di wilayah Bangka Belitung. China tertarik untuk investasi, tapi menunggu lampu hijau dari pemerintah Indonesia," kata dia. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login