IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas : Para KKKS Disarankan Mengajukan Pilot Project PTK EOR

SKK Migas : Para KKKS Disarankan Mengajukan Pilot Project PTK EOR

Written By Indopetro portal on Wednesday, 8 April 2015 | 11:31

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sedang gencar-gencarnya menambah produksi minyak di tanah air. Dan saat ini penerapan yang sedang dilakukan adalah dengan meningkatkan produksi pada lapangan yang sudah berproduksi.

Rudianto Riambono, Kepala Humas SKK Migas menghimbau bagi para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) agar menerapkan Pedoman Tata Kerja (PTK) tentang pelaksanaan Enhanced Oil Recovery (EOR).

"Teknik EOR merupakan cara untuk meningkatkan produksi pada lapangan yang sudah berproduksi," ujar Rudianto, di Jakarta, Rabu (8/4).

Sebagai informasi, lapangan-lapangan minyak memiliki tiga fase produksi. Fase primary atau tahap pertama, adalah ketika pengangkatan minyak ke permukaan bumi dapat dilakukan dengan menggunakan tekanan alami.

Ketika tekanan alami berkurang dan produksi ikut turun, maka untuk menambah tekanan, lapangan diinjeksi air atau gas. Ini merupakan fase kedua (secondary).

Saat injeksi air dan gas tidak lagi bisa tingkatkan produksi, maka produksi memasuki fase ketiga (tertiary). Pada fase inilah EOR dilakukan. Jika pada dua fase sebelumnya injeksi hanya untuk menambah daya dorong, pada penerapan EOR, injeksi dilakukan untuk mengubah karakter minyak, air, dan batuan.

Misalnya, minyak yang awalnya bersifat kental, dengan injeksi steam (uap), minyak tersebut menjadi lebih encer dan mudah mengalir ke setiap sudut-sudutnya. Tujuannya tetap sama, yaitu meningkatkan jumlah minyak yang bisa terangkat.

EOR bisa dilakukan dengan beberapa metode, misalnya injeksi steam, chemical, dll. Setiap lapangan punya metode yang cocok sendiri. "Saat ini penerapan EOR di Indonesia baru dilakukan di Lapangan Duri, Riau, yaitu melalui metode injeksi steam," ujar Rudianto. (Eh.siregar)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login