IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Terkait BBM Pertalite, Pemerintah Lempar Bola Panas ke Pertamina

Terkait BBM Pertalite, Pemerintah Lempar Bola Panas ke Pertamina

Written By Indopetro portal on Monday, 20 April 2015 | 18:03

Terkait BBM Pertalite pertamina
indoPetroNews.com - Tim Reformasi Tata Kelola Migas menilai langkah Pertamina menghadirkan bahan bakar minyak (BBM) Pertalite karena pemerintah yang tidak konsisten menerapkan harga premium yang harusnya mengikuti pasar, namun kenyataannya tidak. Akhirnya, Pertamina harus menanggung kerugian dari penjualan premium.

Ketua Tim Reformasi, Faisal Basri, mengatakan rencana Pertamina menghadirkan pertalite sebagai reaksi, karena ternyata harga premium masih dikendalikan pemerintah, namun tidak diberikan subsidi. Padahal, harga minyak dunia mengalami kenaikan, sementara harga premium tetap dipertahankan.

"Tadinya subsidi dibayar pemerintah, sekarang dibebankan ke Pertamina. Pemerintah tidak konsisten. Bilangnya diserahkan ke pasar, tetapi kenyataannya tidak. Maka muncul distorsi jenis baru," ujar Faisal, di Jakarta, Senin (20/4).

Diakui Faisal, sebelumnya Tim Reformasi memang pernah merekomendasikan agar premium dihapus, dan diganti dengan BBM jenis Ron 90. Namun, rekomendasi tersebut tidak sejalan dengan langkah Pertamina yang segera dilakukan. "Saya rasa pertalite tak sesuai dengan rekomendasi tim. Pengertian bertahap adalah dalam konteks migrasi dari RON 88 ke RON 92," jelasnya.

Ditegaskan Faisal, jika pemerintah tidak ingin mensubsidi BBM lagi, harus benar-benar dilempar ke harga pasar. Jika ingin melakukan intervensi harga, harus siap konsekuensinya dengan menyediakan subsidi.

Sebelumnya, pengamat kebijakan energi, Sofyani Zakaria, menilai kehadiran pertalite hanya akal-akalan pemerintah untuk menaikkan harga BBM. Karena Ron pertalite di atas Premium, sehingga akan lebih mahal. "Jika peluncuran pertalite dimaksudkan pemerintah untuk menggantikan premium, bisa dimaknai sebagai akal-akalan pemerintah untuk menaikan harga jual BBM jenis premium," ucap Sofyano.Epan
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login