IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Dirut Pertamina: Produksi Minyak Nasional Pada 2025 Capai 1,6 Juta Barel

Dirut Pertamina: Produksi Minyak Nasional Pada 2025 Capai 1,6 Juta Barel

Written By Indopetro portal on Tuesday, 12 May 2015 | 16:31

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) menyebutkan pada 2025 produksi minyak nasional akan menjadi 1,6 juta barel per hari (Bph), atau meningkat dari posisi produksi yang saat ini sekitar 800 ribu Bph.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, peningkatan produktivitas minyak nasional lantaran adanya program Refinancing Development Plan (RDP). "Jadi ada emang kilang yang masuk dalam program RDP itu di Balikpapan, Cilacap, Dumai, dan Balongan, 4 kilang ini akan menaikan kapasitas yang saat ini 800.000 Bph menjadi 1,6 juta Bph," kata Dwi di Jakarta, Selasa (12/5).

Dalam program tersebut, kata Dwi, dibutuhkan investasi sekira USD20 miliar. Yang mana, dana investasi tersebut sebesar 40 persen berasal dari equity dan sisanya sebesar 60 persen berasal dari pinjaman.

Adapun, peningkatan produktivitas dan juga program pembangunan kilang juga bertujuan untuk merealisasikan Indonesia mandiri di sektor energi pada tahun 2025. Selain program RDP, adapun program lain seperti program tiga kilang yang akan menambahkan produksi minyak nasional.

"Satu kilang di Bontang yang itu merupakan KPS, yang satu kemungkinan akan kita tempatkan di Jawa Timur karena kita memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang sudah ada dan juga integrasi dengan industri hilir ke depan, dan yang satu kilang masih belum kita putuskan," tambahnya.

Untuk tiga kilang baru ini, Dwi menuturkan nilai investasi untuk satu kilang diperkirakan antara USD10 miliar sampai USD12 miliar, jika ditotalkan keseluruhan sekira USD36 miliar.

Dwi juga mengharapkan, dengan kilang yang eksistensi dan juga proyek kilang-kilang yang masih berjalan seperti RFCD Cilacap dengan investasi sekitar Rp10 triliun dan juga mengharapkan proyek kilang langit biru yang nilai investasInya Rp4 triliun bisa ground breaking pada akhir tahun ini.

"Semua kita harapkan bisa mandiri di dalam pengolahan minyak mentah untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan dalam negeri," tutupnya.(esh)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login