IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » DPR Diminta Tidak Intervensi Pertamina Menyoal BBM Jenis Baru

DPR Diminta Tidak Intervensi Pertamina Menyoal BBM Jenis Baru

Written By Indopetro portal on Monday, 4 May 2015 | 12:23

indoPetroNews.com - Beberapa kalangan meminta agar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), tidak mengganggu rencana PT Pertamina (Persero) yang ingin mengeluarkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru, pertalite, dengan kandungan Ron 90. Alasannya, BBM tersebut tidak disubsidi, dan mengikuti harga pasar.

Pengamat kebijakan energi dari Puskepi, Sofyano Zakaria, mengatakan, pertalite merupakan produk bisnis Pertamina. Sebagai badan usaha, Pertamina bebas melakukan aksi bisnis untuk kelangsungan usahanya. Produk yang dijualnya juga tidak disubsidi pemerintah.

"Karena pertalite, produk non-subsidi tidak perlu menunggu persetujuan DPR, bahkan peluncuran produk tersebut tidak perlu lapor ke DPR," ujar Sofyano, di Jakarta, Senin (4/5).


Sebelumnya, pemerintah menegaskan kehadiran pertalite tidak serta-merta menghilangkan BBM Ron 88 atau premium. Sehingga tidak ada alasan DPR menghalangi atau menunda kehadiran pertalite.


Hal senada juga dikatakan, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, Juajir Sumardi. Dia berpendapat, Komisi VII DPR tidak boleh mengintervensi Pertamina dalam mengeluarkan pertalite. Karena, Pertamina sebagai perusahaan “pelat merah”, tanggung jawabnya ke Menteri BUMN.


Diberitakan sebelumnya, DPR meminta Pertamina agar melakukan konsultasi sebelum meluncurkan pertalite. Menurut Juajir, rekomendasi DPR tersebut tidak perlu dilaksanakan, karena tidak memiliki kekuatan hukum, hanya kekuatan politis.


Sebagaimana diketahui, Pertamina berencana meluncurkan pertalite awal Mei 2015. Namun hingga saat ini, pertalite belum juga diluncurkan. Direncanakan harga pertalite berada di antara premium dan pertamax.Epan
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login