IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » ESDM Tegaskan 10 Persen Kontrak Migas untuk Daerah

ESDM Tegaskan 10 Persen Kontrak Migas untuk Daerah

Written By Indopetro portal on Wednesday, 13 May 2015 | 08:12

indoPetroNews.com - Selain bakal merilis regulasi masa transisi kontrak minyak dan gas (migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga sedang menyusun Peraturan Menteri ESDM terkait pemberian hak participating interest (PI) kepada daerah maksimal 10 persen.

Kepala Bagian Biro Hukum Kementerian ESDM, Susyanto, mengatakan saat ini permen tersebut tengah disusun, ditargetkan dapat selesai dalam waktu dekat. "Sebelumnya, daerah tidak memiliki hak untuk memperoleh PI untuk wilayah kerja yang akan berakhir masa kontraknya. Nanti akan diberikan maksimal 10 persen," ujar Susyanto di Jakarta, Selasa (11/5).

Dijelaskannya, daerah bisa mendapatkan hak PI hanya untuk WK baru, atau dalam rencana pengembangan, sesuai PP No35/2004. Ke depan, di setiap WK baru atau berakhir masa kontrak, daerah wajib memperoleh hak PI 10 persen.

Dalam penyusunan permen tersebut, Menteri ESDM meminta masukan dari para stakeholder, termasuk dari Asosiasi Daerah Penghasil Minyak dan Gas Bumi (ADPM).

Selain itu, Susyanto menambahkan, Kementerian ESDM juga tengah menyusun permen untuk memberikan kesempatan kepada kontraktor baru masuk dua tahun sebelum kontrak kontraktor lama habis. Ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada kontraktor baru melakukan verifikasi data atau sebagai masa transisi, sehingga tidak terjadi penurunan produksi ketika peralihan kontrak terjadi. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login