IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Faisal Basri: Nasib Industri Migas Indonesia Jangan Sampai Seperti Petrobras

Faisal Basri: Nasib Industri Migas Indonesia Jangan Sampai Seperti Petrobras

Written By Indopetro portal on Tuesday, 26 May 2015 | 14:13

indoPetroNews.com - Bicara soal tata kelola minyak dan gas bumi (migas), Mantan Ketua Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal Basri punya beberapa pandangan agar industri migas di Indonesia tidak bernasib sama dengan Petrobras, Brasil. "Kita jangan sampai masuk ke ranah itu kemudian pengalamannya Brasil. Sedemikian hancur lebur Petrobras gara-gara penjarahan para politisi," kata Faisal, di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (26/5).

Untuk itu, lanjut Faisal ada beberapa perubahan yang harus dilakukan pemerintah terhadap industri hulu migas. Ketua anti mafia migas ini menilai, 4 perubahan harus dilakukan, diantaranya, Pertama, cara pandang migas sebagai komoditas atau energi menjadi migas sebagai ujung tombak pembangunan dan industrialisasi. Jangan dipersempit.

Kedua, migas sebagai sumber penerimaan negara, sementara kita bicara getol soal lifting lah cost recovery lah. Menjadi migas sebagai penggerak seluruh sektor. Sehingga nambah basis penerimaan pajak. Jadi kita memperkuat basis dulu, perbesar basis dan penerimaan negara otomatis akan lebih banyak ketimbang urus lifting dan cost recovery.

Ketiga, dari migas yang dikeruk habis habisan saat ini menjadi migas untuk generasi mendatang. Keempat, dari migas sebagai sumber bancakan pemburu rente menjadi migas yang sejahterakan rakyat banyak. Kita lihat secara lebih seksama.

Faisal juga mengatakan agar revisi UU migas kedepan tidak sembarang mengalami revisi setiap 5 atau 10 tahun. "UU migas harus mampu menjawab tantangan jaman sejauh mungkin," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login