IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Golden Share Jadi Opsi Hak Partisipasi Interest bagi BUMD

Golden Share Jadi Opsi Hak Partisipasi Interest bagi BUMD

Written By Indopetro portal on Tuesday, 26 May 2015 | 17:21

indoPetroNews.com - Beberapa kalangan berpendapat, aturan pemerintah untuk memberikan hak partisipasi (Participating Interest/PI) bagi kontrak hulu minyak dan gas bumi (migas) yang akan habis masa kontraknya, tidak perlu dibuat ribet. Koordinator Publish What u Pay, Maryati Abdullah berpendapat, jika BUMD tidak mampu berinvestasi maka pemerintah dapat melakukan opsi golden share migas, atau saham kosongan.

"Kalau dalam UU sudah disebutkan terdapat hak PI untuk daerah menerima 10 persen, itu tidak boleh ditiadakan atau dipaksakan. Perlu dilihat kesanggupan daerah untuk masuk dalam mengelola sebuah blok migas. Misal daerah hanya sanggup 2 persen, maka sisanya bisa menggunakan opsi golden share," katanya, saat konfrensi pers, di gedung Kementerian ESDM, Selasa (26/5).

Menurutnya, opsi golden share migas adalah sistem penerapan pemberian saham kosongan kepada daerah, dengan sebuah perhitungan atau formula yang disepakati karena terjadi keterbatasan belanja modal BUMD dalam keikutsertaan hak PI.

"Sebenarnya untuk sistem ini, maka daerah tidak perlu mengeluarkan uang untuk modal di PI migas, karena ini kan hak mereka," tegasnya.

Opsi kedua, lanjut Maryati adalah pembiayaan dengan APBN atau APBD, dan untuk opsi ketiga, penerbitan obligasi sumber daya alam yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat untuk daerah tertentu yang memiliki sumber kekayaan alam yang besar, seperti Kalimantan Timur (Kaltim) yang terdapat blok Mahakam dikelola oleh Total E&P Indonesie dan Riau serta sekitarnya yang memiliki blok Migas yang dikelola oleh KKKS Chevron.

"Wilayah yang cukup memiliki sumber daya alam ini, bisa kan dikeluarkan obligasi karena secara fiskal bisa dibantu pembiayaan, namun tetap saja jika obligasi dibeli oleh swasta maka ada kriteria khusus seperti oleh swasta nasional dan keterbukaan informasi itu memang harus dilakukan," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login