IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » ISC Klaim sudah Mendapat 134 Perusahaan Tender Migas

ISC Klaim sudah Mendapat 134 Perusahaan Tender Migas

Written By Indopetro portal on Friday, 8 May 2015 | 11:24

indoPetroNews.com - Diketahui sampai April 2015, unit usaha PT. Pertamina (Persero) yaitu Integrated Supply Chain (ISC), telah melakukan beberapa tender dari 134 perusahaan untuk pengadaan dan pembelian minyak untuk kebutuhan nasional.

"Saat ini sudah terdaftar 134 perusahaan dan tidak seluruh perusahaan bisa ikut di setiap tender. Kalau dia crude producer, tentu dia hanya ikut di crude saja. Atau ada perusahaan yang hanya jual LPG, tentu dia hanya kita ikutkan ketika tender LPG saja. Kalau pengadaan crude tidak kita ikutkan," kata Vice President ISC, Daniel Purba, di sela acara Workshop ISC di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Kamis (7/5) malam.

Selama ini unit usaha Pertamina tersebut mengklaim bahwa, ISC telah transparan dalam melakukan tender-tender tersebut. Bahkan, ISC telah memiliki daftar perusahaan yang ikut tender tersebut.

"Kita punya vendor list dan kita undang setiap tender. Undangan dikirimkan melalui email ke satu email tertentu ke masing-masing pihak yang masuk daftar tender kita," tambah Daniel.

Usai mengirimkan undangan tender, ISC melakukan pertemuan dengan para wakil perusahaan yang diundang. Di mana, setiap perwakilan tersebut tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi, tulis, hingga perekam.

"Semua berlangsung transparan semua data terbuka di ruangan itu. Kemudian orang tidak keluar masuk ruangan untuk menghindari komunikasi ke pihak luar dan menghindarkan dari pengaruh dan tekanan-tekanan," tambahnya.

Meski demikian, dia mengatakan keputusan yang ada hanya satu dan disepakati oleh para peserta tender yang berada dalam ruangan. Dia menambahkan, penawaran yang ada sudah terkumpul di atas meja masing-masing dan sudah memenuhi persyaratan.

Selain itu, agar tidak terjadi penyimpangan, pada pertemuan proses tender itu pun dilengkapi dengan berita acara yang terlampir paraf para peserta.

"Semua proses terekam sehingga bila di kemudian ada audit-audit riwayat tender bisa dibuka lagi. Dari sisi governance-nya sangat clear. Recording sangat jelas. Kalau kita bilang tutup jam 10, lewat dari itu akan diskualifikasi semuanya.

Daniel mengatakan, sampai April 2015, ISC telah melakukan tender untuk gas sebesar 5.000 barel, avtur 530.000 barel, gasoline 92 sebesar 2,1 juta barel, gasoline 95 sebesar 80.000 barel, propane butan sebesar 245.872 barel, minyak mentah sekira 12.450.000 barel, yang total seluruhnya sekira 23 juta barel. EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login